Text
Strategi Pemasaran Pembiayaan Produk Program Haji Prohajj Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Produk Program Haji Prohajj,
Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah
Produk pembiayaan multiguna prohajj telah mendapat persetujuan dari
pihak Dewan Pengawas Syariah (DPS) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI.
Fokus produk ini adalah pembiayaan dengan skema porsi haji aplikasi maupun link
yang nantinya akan dikirimkan ke masyarakat atau nasabah. Dengan kata lain harus
memenuhi persyaratan yang ada. Segmen pembiayaan ini menyasar nasabah yang
bertugas pegawai, baik itu keryawan tetap hingga yang bukan menjadi karyawan
tetap.
Terdapat empat fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini,
yaitu: pertama bagaimana strategi pemasaran pembiayaan prohajj di Bank
Muamalat Indonesia KCP Sumenep, kedua faktor apa saja yang mendukung
penerapan strategi pemasaran pembiyaan Prohajj dalam meningkatkan jumlah
nasabah di Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep, ketiga faktor apa saja yang
menghambat penerapan strategi pemasaran pembiayaan Prohajj dalam
meningkatkan jumlah nasabah di Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep,
keempat bagaimana dampak strategi pemasaran pembiayaan Prohajj dalam
meningkatkan jumlah nasabah di Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuaitatif dengan jenis pendekatan
deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan skunder. Prosedur
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta
pengecekan keabsahan data dilakukan mealui terianggulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh pihak
Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep dalam meningkatkan jumlah nasabah
pada produk Prohajj adalah dengan cara menjalin hubungan atau silaturrahmi
dengan lembaga-lembaga dan tokoh-tokoh masyarakat, menggunakan sistem
jemput bola atau terjun langsung ke lapangan, menawarjan bonus atau reward bagi
setiap nasabah berupa discount atau promo dan voucer belanja dan juga pihak Bnak
Muamalat menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix seperti place,
product, price, promotion. Hal ini digunakan Bank Muamalat guna menarik minat
masyrakat untuk menjadi nasabah dan menggunakan produk Prohajj
Tidak tersedia versi lain