Text
Strategi Pemasaran Produk Tabungan IB Hijrah Haji Di Bank Muamalat Indonesia
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk Tabungan IB Hijrah Haji, Bank
Muamalat Indonesia, marketing mix
Strategi pemasaran pada berbagai lembaga atau perusahaan mempunyai
peran yang sangat penting dan hal utama yang harus diperhatikan, untuk mencapai
keberhasilan usaha. Sehingga bidang pemasaran itu berperan besar dalam
merealisasikan usaha. Strategi pemasaran harus bisa memberikan gambaran yang
jelas dan terarah tentang kegiatan yang akan dilakukan perusahaan dalam
memaksimalkan setiap kesempatan atau peluang pada berapa pasar sasaran.
Ada tiga fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana
strategi pemasaran produk tabungan iB hijrah haji di Bank Muamalat Indonesia
KCP Sumenep, kedua, apa faktor pendukung dalam strategi pemasaran produk
tabungan iB hijrah haji di Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep, ketiga, apa
faktor penghambat dalam strategi pemasaran produk tabungan iB hijrah haji di
Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitataif dengan
jenis pendekatan deskriptif. Sumber data di peroleh dari sumber data primer dan
skunder dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan, yang dilakukan dengan trianggulasi metode.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwasanya strategi pemasaran
yang dilakukan Bank Muamalat Indonesia KCP Sumenep dalam memasarkan
produk tabungan iB Hijrah Haji adalah menggunakan sistem jemput bola dengan
cara terjun langsung kelapangan dan juga melakukan sosialisasi dengan lembagalembaga dan tokoh-tokoh masyarakat. Seperti kampus-kampus sekolah, pesantren,
dan pejabat publik. Selain itu Bank Muamalat juga menggunakan strategi
segmenting dimana strategi segmenting yang digunakan yaitu segmentasi geografis
dimana Bank Muamalat tidak hanya fokus pada suatu kelompok saja karena produk
ini dapat digunakan oleh seluruh masyarakat baik dari kalangan menengah keatas
maupun menengah kebawah khususnya masyarakat sumenep, targeting yang
digunakan olen Bank Muamalat yaitu pada nasabah usia 25 tahun keatas, postioning
Bank Muamalat yaitu memiliki daya tarik tersediri dalam mencapai target sasaran
seperti brand yg menjadikan produk mudah dikenal dan disukai seperti hijrah itu
ibadah wujudkan safar terbaikmu menuju baitullah dengan tabungan hijrah hajidan
juga menggunakan strategi marketimg mix 4p yaitu, product, promotion, price, dan
place. Strategi marketing mix Promosi adalah strategi yang sangat berpengaruh
dalam memasarkan produknya. Karena dengan promosi bank muamalat dapat
berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk mengenalkan produk tabungan iB
Hijrah haji dan juga dapat menarik minat nasabah untuk menggunakan produknya
Tidak tersedia versi lain