Text
Pengaruh Nilai Taksiran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Jasa Pembiayaan Gadai Emas Syariah Di Pegadaian Syariah Unit Syariah Pakong
Kata Kunci: Nilai Taksiran, Kualitas Pelayanan, Keputusan Nasabah
Pegadaian syariah merupakan salah satu lembaga keuangan alternatif yang
ditawarkan bagi masyarakat untuk keluar dari masalah keuangan adalah dengan
memanfaatkan jasa gadai. Dengan adanya jasa gadai ini akan membantu masyarakat
yang membutuhkan dana dengan cepat dan aman. Sehingga masyarakat lebih mudah
mendapatkan pembiayaan sesuai dengan kebutuhannya. Dengan meluas dan
banyaknya permintaan gadai emas dari masyarakat tentu hal ini akan dimanfaatkan
secara baik oleh para pelaku bisnis dengan menyediakan jasa dan produk gadai emas,
yang pada akhirnya tentu masyarakat akan lebih mempertimbangkan beberapa aspek
terkait seperti Nilai Taksiran dan Kualitas Pelayanan dalam menentukan keputusan
memilih produk gadai emas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh nilai taksiran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan
nasabah dalam menggunakan jasa pembiayaan gadai emas syariah di Pegadaian
Syariah Unit Syariah Pakong secara parsial maupun simultan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian field research. Data primer diperoleh melalui pengumpulan data berupa
kuesioner dan hasil wawancara langsung dari sumber terkait. Populasi penelitian ini
yaitu seluruh jumlah nasabah gadai emas di pegadaian syariah unit syariah pakong
sebanyak 1871 nasabah. Pengambilan sampel menggunakan Teknik nonprobability
sampling dengan metode Accidental sampling, sebanyak 330 sampel. Analisis data
menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Dan Uji Regresi
Linear Berganda, Uji Hipotesis, Dan Uji Koefisien Determinasi (R2
) dengan bantuan
program SPSS Statistic 25.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel nilai taksiran
dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah. Variable
nilai taksiran siginifikansi nilai signifikansi 0,0001 < 0,05 dan nilai thitung 5,287 >
1,649 ttabel. Variable kualitas pelayanan bahawa nilai signifikansi 0,010 < 0,05 dan
nilai thitung 2,586 > 1,649 ttabel. Sedangkan secara simultan nilai taksiran dan kualitas
pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah dengan tingkat
signifikansi 0,0001 Ftabel 3,02. Nilai Rsquare 0,995
atau 99,5%. Hal ini berarti bahwa variabel independen Nilai Taksiran (X1) dan
Kualitas Pelayanan (X2) mampu menjelaskan variable dependen Keputusan Nasabah
(Y) sebesar 12%. Sedangkan sisanya (100% - 99,5% = 0,5%) dipengaruhi oleh
variabel-variabel lainnya yang tidak diperhitungkan dalam analisis penelitian ini
Tidak tersedia versi lain