Text
Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia KC Pamekasan
Kata Kunci: Kemudahan Penggunaan, Kualitas Pelayanan, Minat Nasabah
Minat nasabah dalam penelitian ini ialah kecenderungan individu untuk
bertindak sebelum memutuskan menggunakan mobile banking benar-benar
dilaksanakan. Minat nasabah dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan dan
kualitas pelayanan. Penelitian ini berangkat dari permasalahan, masih adanya
nasabah yang kurang puas akan kemudahan penggunaan dan kualitas pelayanan
BSI Mobile berdasarkan rating 4,3 di plays store dengan 136 ribu ulasan. Hasil
wawancara kepada pegawai BSI juga memaparkan bahwa BSI Mobile mengalami
gangguan dan tidak bisa diakses. Selain itu hasil wawancara kepada nasabah,
aplikasi BSI mobile tidak bisa digunakan jika tidak diperbaharui, kegagalan
bertransaksi tetapi saldo berkurang, transaksi pembelian pulsa nominal Rp. 10.000
belum tersedia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel
kemudahan penggunaan dan kualitas layanan secara parsial dan simultan terhadap
minat nasabah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskritif bersifat asosiatif
dengan sumber data primer berupa hasil kuesioner yang diberikan kepada
responden. Populasi penelitian ini yaitu 1.926 nasabah aktif menggunakan BSI
Mobile. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling
dengan metode accidental sampling yaitu sampel diambil secara spontanitas
(acak), siapa saja yang tidak sengaja bertemu dengan peneliti dapat dijadikan
sampel. Ukuran sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel 95
responden. Data dari penelitian ini sudah memenuhi uji keabsahan data dan uji
asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil uji t (parsial) variabel kemudahan
penggunaan (X1) diperoleh thitung 5,721 > ttabel 1,661 dan signifikansi 0,000 < 0,05
maka kemudahan penggunaan (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap minat
nasabah. Hasil uji t (parsial) variabel kualitas pelayanan (X2) diperoleh thitung
3,146 > ttabel 1,661 dan signifikansi 0,002 < 0,05 maka variabel kualitas pelayanan
(X2) berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah. Hasil uji f (simultan)
didapatkan fhitung 29,415 > ftabel 3,09 dan signifikansi 0,000 < 0,05 maka variabel
X (kemudahan penggunaan dan kualitas pelayanan) secara bersama-sama
(simultan) berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menggunakan BSI Mobile
Tidak tersedia versi lain