Text
Cara Penimbangan Sembako Dalam Etika Bisnis Islam Di Pasar Kolpajung Kabupaten Pamekasan
Kata kunci: Penimbangan Sembako; Etika Bisnis Islam; Pasar
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya ketertarikan peneliti untuk
meneliti lebih mendalam mengenai cara penimbangan sembako dalam etika bisnis
Islam di pasar Kolpajung kabupaten Pamekasan. Ada dua permasalahan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana cara penimbangan
sembako di pasar Kolpajung kabupaten Pamekasan. (2) bagaimana penimbangan
sembako menurut etika bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis
cara penimbangan sembako di pasar Kolpajung kabupaten Pamekasan. (2)
menganalisis penimbangan sembako menurut etika bisnis Islam.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teologis
normatif (syar’i), pendekatan sosiologis, pendekatan fenomenologi dan pendekatan
yuridis empiris. Sebelum melakukan penelitian, peneliti mengurus perizinan
penelitian. Lokasi penelitian yaitu Pasar Kolpajung yang berada di Jl.
Ronggosukowati, Kolpajung, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan.
Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu (1) sumber data primer
diperoleh dari sumber pertama yaitu pedagang dan pembeli pasar Kolpajung
melalui wawancara dan observasi langsung dilapangan. (2) sumber data sekunder
meliputi buku etika bisnis Islam, jurnal dan artikel. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
kredibilitas, transferabilitas, auditabilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pedagang menimbang
sembako sudah dengan benar yaitu seimbang kanan dan kirinya. Timbangan yang
digunakan masih bagus dan layak pakai. Timbangan sudah cukup bersih sehingga
hasil timbangan akurat. Pedagang juga bersikap ramah kepada pembeli. Kualitas
sembako yang dijual sudah bagus sehingga tidak membuat pembeli kecewa. Kedua,
penimbangan sembako dalam etika bisnis Islam di pasar kolpajung dalam
menjalankan dagangannya sudah sesuai dengan etika bisnis Islam baik dari segi
kejujuran, keadilan, menepati janji, dan kejelasan terhadap barang dagangannya
Tidak tersedia versi lain