Text
Analisis Strategi dan Hambatan Komunikasi Pemasaran Disperindag Pamekasan Pada Gebyar Batik Pamekasan 2022
Kata Kunci : Analisis Strategi, Komunikasi Pemasaran, Gebyar Batik Komunikasi pemasaran merupakan sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merk yang dijual. Gebyar batik merupakan suatu program dari pemerintah kabupaten Pamekasan untuk mengembangkan industri tekstil agar lebih banyak dikenal oleh Masyarakat. Gebyar batik Pamekasan pada tahun 2022 ini telah diselenggarakan di 5 kota yang berbeda di Jawa dan Bali dengan menggunakan strategi yang berbeda-beda dengan menyesuaikan kondisi pada kota yang akan menjadi tempat berlangsungnya acara. Dalam penelitian ini, peneliti membahas tentang bagaimana strategi komunikasi disperindag Pamekasan pada gebyar batik pamekasan 2022, dan bagaiamana hambatan komunikasi pemasaran disperindag Pamekasan pada gebyar batik Pamekasan 2022. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, dokumentasi, observasi, dan survei. Berdasarkan hasil penelitian strategi yang digunakan pada acara gebyar batik Pamekasan 2022 yaitu dengan memposting acara lewat media sosial, selain fashion show juga menyelenggarakan draping batik, jembreng batik, dan bazar batik yang diikuti oleh pengrajin dan penjual batik. Dalam acara gebyar batik Pamekasan 2022 hambatan komunikasi pemasaran yang terjadi juga tidak ada, karena para panitia acara telah menjalankan tugasnya masing-masing dengan berpedoman pada tujuan awal yang telah ditetapkan, namun jika dilihat pada hasil penelitian hambatan yang biasa terjadi yaitu seperti hambatan teknis seperti microphone yang tiba-tiba mati karena terkendala kabel, tamu undangan yang datang terlambat.
Tidak tersedia versi lain