Text
Makna Halal pada Iklan Kosmetik Wardah di Channel Youtube Wardah Beauty (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Kata Kunci: Makna Halal, Iklan, Semiotika Penelitian ini berfokus untuk meneliti makna halal pada iklan kosmetik wardah. Wardah hadir dengan menjadi pionir brand halal yang sampai saat ini dapat mempertahankan kehalalannya. Untuk menujukkan hal itu, pada iklannya wardah menekankan bahwa produk wardah adalah produk yang halal ditunjukkan dengan pengucapan berulang dan hastag halal dari awal, serta label halal yang telah didapat dari MUI. Iklan wardah yang akan diteliti adalah iklan kosmetik wardah yang terdapat pada channel youtube wardah beauty. Rumusan masalah yang dibahas adalah tentang : pertama, apa penanda dan petanda pada iklan kosmetik wardah, kedua bagaimana makna halal pada iklan kosmetik wardah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian Pustaka dengan teori analisis semiotika Roland Barthes, sumber data yang digunakan primer dan sekunder dengan teknik pengumpulam data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada iklan kosmetik wardah pertama ditemukan penanda dan petanda dari iklan yang terdiri dari gambar visual, monolog, ekspresi dan tingkah laku dari model iklan pada setiap scene. Kedua, makna halal pada iklan yaitu dengan menggunakan produk kosmetika yang halal membuat pemakainya merasa lebih aman dan nyaman. Dalam iklan ini halal diartikan sebagai hal yang baik dan membawa kebaikan, serta hastag halal yang muncul di akhir iklan dengan monolog wardah, halal dari awal menunjukkan bahawa wardah sudah mendapatkan sertifikat halall sejak kemunculannya dan dengan memulai dari yang halal kita dapat melakukan kebaikan
Tidak tersedia versi lain