Text
Strategi public Relations Teater Fataria IAIN Madura Dalam Menarik Minat Penonton Di Era Covid-19
Kata Kunci:Stategi Public Relations, Minat Penonton,Covid-19 Public Relations merupakan bagian integra ldalam suatu organisasi. Tugas Public Relations adalah bertanggungjawab untukmenciptakan citra positif dan ikut menciptakan kondisi agar perusahaannya kondusif, sehatikerjanya, kuat hubungan sosialnya dan tinggikinerjasumberdayamanusianya.Peran Public Relationsdalam organisas isangat penting, kaitannya untuk mendukung performa organisasi baik diinternal maupun eksternalnya. Agar tujuan-tujuan perusahaan tercapai,maka dibutuhkan strategi yang tepat dari divisi yang menangani fungsi public relations dalam suatu organisasi perusahaan. Strategi tersebut digunakan untuk menggarap persepsi para stakeholders, baik internal maupun eksternal agar mendukung perusahaan dalam mencapai tujuan-tujuannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama,UKM Teater Fataria melakukan perencanaan dengan mengadakan devisi baru yakni public relations/media kreatif untuk strategi public relations UKM teater fataria IAIN Madura dalam menarik minat penonton di EraCovid-19. Dalam menarik minat penonton UKM teater fataria melakukan persiapan dengan berbagai cara yang tentunya melibatkan pengurus dan anggota serta setiap penonton yang hadir dalam acara pentas pertunjukan dan strategi public relation ini berjalan selama satu periode yang mana didukung oleh devisi baru da devisinya tersebut yaitu mediakreatif. Kedua,Pelaksanan pentas teaterdanpertunjukaninidilakukanpadasetiap momenharibesaratauhari nasionaldilakukandengancara-carakreatifmelaluimediaataupundilakukansecara langsunguntukmemperingatiharibesartersebut,misalnyaharipahlawandi10 Novemberdan lain sebagainya.Penerapan inipengurus,devisidan sutradara berperan penting dalam merealisasikan public relation dalam menarik minat penontonuntukmempromusikankegiatantersebut. Ketiga,UKM teaterfatariaIAINMaduramelakukanevaluasiberupapenetuan banyaknya penonton dalam setiap acara pentas pertunjukan,dan melihat kekuranganapadalampenerapanini.Sehinggaevaluasiinisebagaibahanperbaikan, selanjutnyaevaluasisecarapersonaldalam pelaksanaanpublicrelation.Selain melakukanevaluasisecarapersonalakandilakukanevaluasisecarakeseluruhan yangmelibatkansemuaanggotaUKM teaterfatariabaikpengurus,devisi,sutradara dananggotabiasa.Disampingituevaluasidilaksanakanjugamencarisolusidalam setiapkendalaselamapublicrelationsdilaksakanpadatahun2021inievaluasi penerapanstrategipublicrelationsdalam menarikminatpenontondieracovid-19 berupa pelaksanaan dilakukansecara online walaupun secara offline dilakukan kurangmaksimalkarenasituasipandemicyangtidakmendukung,pelaksanaan secaraonlinentaterlaksananamuntidakkondusifkarenabeberapadarianggota devisimediakreatifmerasakesulitan.Walaudemikiantetapdilakukanevaluasi untukmeningkatkanminatpenonton
Tidak tersedia versi lain