Text
Strategi Komunikasi Penyiaran Radio Nusa FM Sumenep dalam Mempertahankan Eksistensi Program Kiswah
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Radio, Eksistensi, Efek Pendengar Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui Strategi Komunikasi Penyiaran Radio Nusa FM Sumenep dalam Mempertahankan Konsistensi Program Kiswah dan ingin mengetahui Efek Program Kiswah Radio Nusa FM Sumenep terhadap Pendengar. Strategi komunikasi adalah perencanaan dan manajemen yang efektif untuk bagaimana menyampaikan pesan agar lebih mudah dipahami oleh komunikan terhadap komunikator dalam menerima apa yang disampaikan sehingga dapat mengubah sikap atau perilaku seseorang. Strategi komunikasi pada hakikatnya adalah perencanaan (planning) komunikasi dan manajemen (management) komunikasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut, strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah saja melainkan harus mampu menunjukkan bagaimana taktik oprasionalnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode dengan kualitatif, yang mempunyai karakteristik sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses lebih dipentingkan dari pada hasil. Hal ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana strategi komunikasi penyiaran radio Nusa FM dalam mempertahankan eksistensi program kiswah. Dalam penelitian ini data temuannya di peroleh dari memahami dan menafsirkan perilaku serta peristiwa yang dilakukan individu dalam situasi tertentu. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pertama, Strategi komunikasi penyiaran radio Nusa FM Sumenep dalam memeprtahankan eksistensi program kiswah tentu ada beberapa point diantaranya: Meningkatkan kualitas penyiar, Memilih narasumber yang bisa menguasai hal yang akan disajikan, Membuat program yang menarik, Melakukan live streaming (siaran langsung) tentu keempat point tersebut sangat dibutuhkan dalam mengeksiskan program Kiswah. Kedua, Efek program kiswah di radio Nusa FM Sumenep terhadap pendengar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi di dalam diri audience akibat keterpaan pesan-pesan media. Pengaruh atau efek adalah ketika terjadinya perubahan pada diri komunikator setelah menerima suatu pesan yang di sampaikan oleh narasumber/ penyiar. Efek dalam garis besar terdapat tiga bagian diantaranya: efek afektif, efek kognitif, dan efek behavioral
Tidak tersedia versi lain