Text
Penerapan Teknik Debat Dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara di Luar Kelas Pada Kelas Sebelas MA DUBA Putri Banyuanyar 2022
Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Teknik Debat
Tesis ini merupakan hasil penelitian yang menjelaskan bagaimana implementasi teknik
debat dalam pembelajaran keterampilan berbicara di luar kelas di kelas sebelas MA DUBA Putri
Banyuanyar tahun 2022. debat adalah kegiatan dimana sudut pandang yang berlawanan disajikan
dan diperdebatkan. Dalam penelitian ini fokus penelitian yang diambil peneliti adalah bagaimana
penerapan teknik debat dalam pembelajaran keterampilan berbicara di luar kelas di kelas sebelas
MA DUBA Putri Banyuanyar tahun 2022 dan apa saja manfaat teknik debat dalam mengajarkan
keterampilan berbicara di luar kelas di kelas XI MA DUBA Putri Banyuanyar tahun 2022.
Adapun latar belakang yang melatarbelakangi ketertarikan peneliti dalam penulisan skripsi
ini adalah berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal yang peneliti lakukan dengan siswa
dan guru yang mengajar di MA DUBA Putri Banyuanyar tahun 2022. Dimana peneliti menemukan
siswa yang memiliki masalah dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, khususnya teknik berbicara,
siswa mengalami kesulitan dalam berbicara.
Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan
penelitian kualitatif, penelitian ini terutama akan berfokus pada analisis teknik debat khususnya
dalam pembelajaran keterampilan berbicara di luar kelas pada kelas sebelas MA DUBA Putri
Banyuanyar tahun 2022. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi. untuk analisis data peneliti menggunakan reduksi data dan untuk
keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang peneliti lakukan dalam tesis ini adalah Siswa memiliki banyak
kesempatan untuk berlatih berbicara dan terlibat aktif dalam debat. Namun, mereka bekerja sangat
kooperatif dan berusaha membela timnya, dan mereka lebih aktif berbicara di kelas. Padahal,
kemampuan berbicara siswa dapat meningkat setelah diajarkan teknik debat. Hal ini dapat dilihat
dari pencapaian siswa dalam tes berbicara di setiap observasi. Pada observasi pertama, rata-rata
prestasi belajar siswa tergolong rendah. Pada observasi kedua rata-rata prestasi belajar siswa
tergolong tinggi. Setelah diterapkannya tehnik debat, Keterampilan berbicara siswa meningkat
serta motivasi mereka dalam berbicara dan mereka tertarik untuk berbicara melalui debat. Manfaat
dari pelaksanaan debat adalah Melatih keberanian mengemukakan pendapat /Mengembangkan
masalah/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi dengan argumentasi dalam berdebat,
Melatih mematahkan pendapat lawan, Meningkatkan kemampuan menanggapi suatu masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa meningkatkan keterampilan berbicara mereka secara
efisien dan efektif
Tidak tersedia versi lain