Text
Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca Di Kelas IX SMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan
Kata Kunci: Model, CooperativeIntegrated Reading And Composition,
Keterampilan Membaca
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran keterampilan membaca di
kelas IXS MP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan, siswa kelas IX yang
masih kurang dalam kemampuan membacanya terutama pembelajaran Bahasa
Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca siswa
kelas IX SMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut, Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana penerapanmodel Cooperative
Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Keterampilan
Membaca di Kelas IX SMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan. Kedua,
apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan model Cooperative
Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Keterampilan
Membaca di Kelas IX SMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan. Ketiga,
bagaimana solusi guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam penerapanmodel
Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran
Keterampilan Membaca di Kelas IX SMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan
Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif jenis
deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan memperpanjang keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, dan triangulasi.Dengan penerapan model Cooperative
Integrated Reading And Composition dalam pembelajaran keterampilan membacadi
Kelas IX SMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan, diperoleh hasil guru
kelas IXSMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan telah menerapkan
model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam pembelajaran
keterampilan membaca,model tersebut dapat bermanfaat bagi siswa untuk
mengembangkangkan kemampuan siswa dalam pembelajaran keterampilan
membaca. Dalam hal ini guru menerapkan pembelajaran dengan cara,
mempersiapkan RPP, menyampaikan tujuan pembelajaran, tanya jawab, siswa
berdiskusi dengan kelompoknya, membacakan hasil rangkuman teks cerita inspiratif
dan penutup
Tidak tersedia versi lain