Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Bagi Hasil terhadap Keputusan Menabung pada Produk Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Persepsi Bagi Hasil, Keputusan Menabung
BMT merupakan salah satu lembaga keuangan non bank yang paling banyak
jumlahnya dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya. Selain merupakan
lembaga keuangan yang paling banyak jumlahnya, produk BMT juga paling banyak
peminatnya terutama dalam produk Tabah. Salah satu cabang yang memiliki
banyak peminat dalam produk Tabah adalah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis.
Produk Tabah merupakan tabungan yang dapat memudahkan nasabah dari segi
pengambilan dan bagi hasilnya sebesar 40%. Selain itu, pelayanan yang diberikan
oleh BMT NU Jawa Timur Cabang Galis berupa jemput bola. Maka dari itu,
permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu pertama, apakah kualitas
pelayanan dan persepsi bagi hasil secara simultan berpengaruh terhadap keputusan
menabung pada produk Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis.
Kedua, apakah kualitas pelayanan dan persepsi bagi hasil secara parsial
berpengaruh terhadap keputusan menabung pada produk Tabah di KSPPS BMT
NU Jawa Timur Cabang Galis. Sehingga peneliti memiliki tujuan untuk
membuktikan bahwa pertama, untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan
dan persepsi bagi hasil secara simultan terhadap keputusan menabung pada produk
Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis. Kedua, untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi bagi hasil secara parsial terhadap
keputusan menabung pada produk Tabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang
Galis.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian asosiatif/korelasional yaitu penelitian yang ditujukan untuk mengetahui
hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah populasi finit, dan yang menjadi subjek penelitian
adalah nasabah yang menabung dengan produk Tabah. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sample. Pengambilan sampel
ditentukan dengan rumus slovin dan jumlah responden yang diambil sebanyak 90
responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa kuesioner atau
angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda melalui
program SPSS versi 24.
Hasil penelitian berdasarkan persamaan regresi linear berganda menunjukkan
bahwa: (1) kualitas pelayanan dan persepsi bagi hasil secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan menabung dengan nilai Fhitung 56,486 > Ftabel 3,10
dengan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. Artinya kualitas pelayanan dan persepsi
bagi hasil bersama-sama memiliki pengaruh terhadap nasabah mengambil sebuah
keputusan. (2) Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan menabung dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 7,431 >
ttabel 1,984. Selain itu, persepsi bagi hasil secara parsial juga berpengaruh signifikan
terhadap keputusan menabung. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikasi 0,000 <
0,05 dan nilai thitung 3,989 > ttabel 1,984
Tidak tersedia versi lain