Text
Upaya Guru dalam Menangkal Paham Radikalisme Melalui Pendidikan IPS di SMPN 6 Pamekasan
Kata Kunci: Radikalisme, Pendidikan IPS
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan upaya seorang guru mata pelajaran IPS
untuk meningkatkan wawasan kebangsaan anak-anak didik agar terhindar dari sifat
yang mengarah ke radikalisme. Di antaranya yaitu toleransi, tidak menghargai
tindakan kekerasan dan lain sebagainya. Makanya upaya guru IPS itu memberikan
yayasan plural terhadap anak didik, baik itu wawasan kebangsaan, wawasan
bagaimana cara untuk menumbuhkan sikap toleransi kita dengan adanya saling
menghargai. Radikalisme adalah suatu paham yang menginginkan perubahan dan
pembaharuan secara drastis hingga ke titik paling mendasar dari sebuah kerangka
berpikir. Jadi, pendidikan IPS memiliki peranan penting untuk menanamkan nilainilai pluralisme sehingga nantinya peserta didik tidak memiliki paham radikalisme.
Sikap pluralitas sangat penting dimiliki oleh peserta didik agar nantinya tidak
memiliki paham radikalisme, menghormati adanya perbedaan dan menjunjung tinggi
sikap toleransi.
Oleh karena itu, peneliti tertarik mengambil judul Upaya Guru dalam
Menangkal Paham Radikalisme Melalui Pendidikan IPS. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data yang
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informasinya adalah guru
Ilmu Pengetahuan Sosial dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat beberapa faktor
adanya paham radikalisme yaitu faktor dalam diri sendiri yang mana karakter siswa
yang sudah dimiliki sejak kecil bisa mempengaruhi terhadap adanya paham
radikalisme, faktor dari lingkungan sekitar yang bisa mempengaruhi seperti pergaulan
siswa dengan teman-temannya, teman yang baru bisa menjerumuskan siswa ke sifat
yang buruk. Faktor keluarga Orang tua yang salah dalam mendidik anaknya juga bisa
membentuk karakter anak yang salah, orang tua yang fanatik dan cenderung radikal
akan mengajarkan anaknya untuk memiliki paham yang sama dalam segala hal.
Kedua, upaya guru dalam menangkal paham radikalisme yaitu menumbuhkan sikap
religius dalam diri siswa, memberikan pembinaan secara rutin, dan memasukkan
pemahaman radikalisme melalui pembelajaran IPS. Ketiga, kesulitan yang dihadapi
guru dalam menangkal paham radikalisem adalah siswa cenderung tidak mau
mendengarkan nasehat guru dan juga faktor lingkungan yang tidak daspat dikontrol
Tidak tersedia versi lain