Text
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di MA. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan,
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Prestasi Siswa
Strategi dan model pembelajaran yang baik, tepat serta efesien sangat
dibutuhkan untuk tercapainya kegiatan belajar mengajar khususnya dalam mata
pelajaran IPS yang aktif dan inovatif yang pada akhirnya diharapkan dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan
pendekatan model pembelajaran berbasis masalah. Penerapan strategi dan model
pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran dapat membuat siswa lebih
aktif dalam proses pembelajaran, dimana siswa terlibat secara langsung dalam
proses penemuan pemahaman materi yang diajarkan, sehingga siswa dapat lebih
memahami materi yang diajarkan dan disampaikan oleh guru.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan hasil dari
penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran
Sosiologi Kelas X di MA. Tarbiyatun Nasyiin 1 (2) Mendeskripsikan kendala
dalam model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Sosiologi
Kelas X di MA. Tarbiyatun Nasyiin 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangkulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran
problem based learning mampu mengatasi kejenuhan siswa serta mampu
menginovasi para siswa dalam setiap menghadapi pelajaran (2) kekurang
pahaman pendidik tentang model pembelajaran problem based learning dalam
mengaplikannya serta sarana yang belum memadai secara keseluruhan dalam
membantu lancarnya media pembelajaran
Tidak tersedia versi lain