Text
Kerja Sama Kepala Sekolah Dengan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Tebul Timur 3 Pegantenan Pamekasan
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Pengembangan
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SDN Tebul
Timur 3 Pegantenan Pamekasan dimana terdapat beberapa siswa yang mengalami
tidak fokus atau memahami isi materi pembelajaran pendidikan agama Islam
dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan fenomena tersebut guru
pendidikan agama Islam berinisiatif dengan menggunakan media untuk
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam
agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien.
Ada dua fokus masalah dalam penelitian ini, pertama adalah bagaimana
bentuk kerja sama kepala sekolah dengan guru PAI“SDN Tebul Timur 3
Pegantenan Pamekasan”, kedua adalah Bagaimana bentuk pengembangan mata
pelajaran pendidikan agama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, display data dan
penarikan kesimpulan.Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,Bentuk kerja sama kepala
sekolah dengan guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan mata
pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN Tebul Timur 3 Pegantenan
Pamekasan ialah a). Guru terlebih dahulu menyusun pokok-pokok bahasan yang
akan disampaikan kepada siswa b). Guru menyebutkan karakteristik yang
berhubungan dengan rancangan belajar siswa terhadap materi pelajaran
pendidikan agama Islam c). Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus
dicapai oleh setiap siswa d). Guru membuat kisi-kisi pelajaran terhadap materi
pendidikan agama Islam kemudian disampaiakan kepada siswa e). Guru menguji
kemampuan awal yang dimiliki oleh setiap siswa f). Guru menentukan bahan
pelajaran yang dibutukan pada saat proses pembeajaran pendidikan agama Islam
seperti buku-buku yang ada di sekolah g). Guru juga memfasilitasi hal-hal yang
dibutuhkan oleh siswa h). Guru melakukan evaluasi hasil belajar. Kedua,Bentuk
pengembangan materi pembelajaran pendidikan agama Islam ialah a). Bentuk
pengembangan materi disini ialah guru menampilkan video gerakan gerakan solat
agar siswa lebih semangat dan antusias atau aktif dalam mengikuti proses
pembelajaran pendidikan agama Islam. adalah bahan ajar yang disampaikan tidak
2
terpaku hanya kepada buku tulis saja melainkan bisa mengambil dari beberpa
sumber referensi contohnya mengambil tambahan materi dari internet, audio
visual
Tidak tersedia versi lain