Text
Supervisi Penerapan Metode Ummi di SMPN 1 Sampang dan SDN 1 Dalpenang Sampang
Kata Kunci : Supervisi, Metode Ummi
Mempelajari al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Mepelajari
al-Qur’an hendaklah dimulai sejak dini, sebab masa kanak-kanak adalah masa awal
perkembangan manusia, maka dari itu penggunaan metode yang cocok dan mudah
diterima sangat membantu anak dalam belajar al-Qur’an. Hal ini menjadikan
sekolah-sekolah di Sampang memasukkan pendidikan Al-Qur’an kedalam
kurikulum wajib yang harus diikuti oleh semua siswa. Karena waktunya yang
terbatas membuat kepala sekolah harus mencari metode khusus dalam percepatan
baca Al-Qur’an. Adapun metode yang digunakan adalah metode Ummi. Dalam hal
ini peneliti mengambil judul supervisi penerapan metode ummi di SMPN 1
Sampang dan SDN 1 Dalpenang.
Penelitian ini berfokus pada tiga hal yaitu: (1) Bagaimana langkah-langkah
supervisi penerapan metode ummi di SMPN 1 Sampang dan SDN 1 Dalpenang
Sampang, (2) Bagaimana tehnik supervisi penerapan metode ummi di SMPN 1
Sampang dan SDN 1 Dalpenang Sampang, (3) Apa saja factor penghambat dan
pendukung supervisi penerapan metode ummi di SMPN 1 Sampang dan SDN 1
Dalpenang Sampang.
Peneliti menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif, Adapun jenis
penelitiannya menggunakan jenis penelitian deskriptif, serta pengumpulan datanya
dilakukan dengan cara observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, dan
dokumentasi terhadap sumber terkait.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pertama, Pelaksanaan Supervisi di
SMPN 1 Sampang dan SDN 1 Dalpenang melalui beberapa tahapan. Pertama
adalah supervisi harian, supervise mingguan dan supervisi bulanan. Kedua, Tehniktehnik pelaksanan supervisi metode Ummi di SMPN 1 Sampang dan SDN 1
Dalpenang berupa tehnik individu dan kelompok. Tehnik supervise individu berupa
kunjungan kelas, pertemuan individu dan observasi dokumen sedangkan tehnik
kelompok berupa kunjungan sekolah, rapat evaluasi dan demonstrasi mengajar.
Ketiga, Factor pendukung dari supervisi penerapan supervisi metode Ummi di
SMPN 1 Sampang adalah dukungan dari kepala sekolah dan orang tua yang
mendorong supervisor untuk terus melakukan supervisi, keaktifan supervisor dan
kesejahteraan guru serta fasilitas yang memadai. Factor penghambatnya adalah
kurangnya waktu supervisi dan minimnya supervisor yang tidak sebanding dengan
banyakya kelompok yang ada. Factor pendukung pelaksanaan supervisi di SDN 1
Dalpenang Sampang adalah kerjasama antar rekan mengajar yang kompak.
Sedangkan factor penghambatnya adalah guru-guru yang sulit untuk dikasih
pemahaman, kurangnya tenaga pengajar dan juga kurangnya fasilitas yang
memadai.
Tidak tersedia versi lain