Text
Pembentukan Karakter Qur’ani Melalui Pembelajaran Tafsir AL-Qur’an di SMA Tahfidh Al-Amien Prenduan Sumenep Madura
Kata Kunci: Pembelajaran, Karakter Qur’ani
SMA Tahfidz Al-Amien Prenduan merupakan lembaga pendidikan yang
memiliki program khusus yaitu menghafal Al-Qur’an, dengan adanya program
hafalan Al-Qur’an juga ada penerapan pembelajaran tafsir Al-Qur’an sehingga
siswa tidak hanya mampu mengusai tingkat hafalan Al-Qur’annya saja namun
juga bisa memahami kandungan setiap ayat didalam Al-Qur’an yang selanjutnya
dapat menanamkan karakter dan kepribadian islami dalam dirinya. Dari sebab itu,
peneliti tertarik untuk membahas karakter yang harus dimiliki seorang peserta
didik atau pencari ilmu. Dalam penelitian ini berfokus pada proses pembelajaran
tafsir Al-Qur’an di SMA Tahfidz Al-Amien Prenduan, Pembentukan karakter
Qur’ani melalui pembelajaran tafsir Al-Qur’an, serta Faktor Pendukung dan
Penghambat pembelajaran tafsir Al-Qur’an di SMA Tahfidz Al-Amien Prenduan
Sumenep. Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan
pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian di SMA Tahfidz
Al-Amien Prenduan yang terletak di Kabupaten Sumenep. Sumber data dalam
penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Peserta didik.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi
terhadap sejumlah sumber terkait. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis data deskriptif.
Temuan penelitian menunjukkan hal itu proses pembelajaran tafsir Al-Quran
dilaksanakan secara pada masing-masing kelas, menggunakan metode ceramah,
tanya jawab dan diskusi di awali dengan pembacaan ayat kemudian dilanjutkan
siswa mengikuti bacaan, selanjutnya menjelaskan kedudukan ayat, selanjutnya
keindahan bahasa, dilanjutkan mengartikan perkata, kemudian kesesuaian ayat
dengan pembahasan sebelumnya, selanjutnya menafsirkan dan menerangkan, dan
terakhir kesimpulan. Pembentukan karakter Qur’ani ini diterapkan melalui
penanaman point karakter religius dalam pembelajaran tafsir Al-Qur’an yaitu
keimanan dan ketaqwaan. dengan pelaksanaan sesuai tuntunan Al-qur’an yaitu
Surat Al-Baqarah dimana memuat tanda orang yang beriman dan bertaqwa iyalah
mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan salat, menginfakkan
sebagian rezeki, mereka yang beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan
kepadamu Nabi Muhammad dan mereka yakin akan adanya akhirat. Faktor
pendukung dalam pembelajaran tafsir Al-Qur’an terdiri dari: guru, siswa, sumber
belajar, dan sarpras. Sedangkan Faktor Penghambatnya terdiri dari: kurang bisa
membaca kitab kuning.
Tidak tersedia versi lain