Text
Pengarusutamaan Islam Moderat dalam Kurikukum PAI untuk Mencegah Masuknya Paham Radikalisme di SMAN 1 Pamekasan
Kata kunci : Islam moderat, Kurikulum PAI dan Paham radikalisme.
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di
SMAN 1 Pamekasan dikarenakan terdapat sebuah fenomena telah
menyebarnya paham radikalisme di SMAN 1 Pamekasan dan sebagai
pencegahannya adalah berbagai upaya yang dilakukan guru di sekolah
untuk membasmi dan menangkal radikalisme melalui penanaman nilai dan
pemahaman Islam moderat dalam kurikulum PAI. Ada tiga rumusan
masalah yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu Pertama,
Bagaimana muatan nilai-nilai Islam moderat dalam kurikukum PAI di
SMAN 1 Pamekasan. Kedua, Bagaimana implementasi pengarusutamaan
Islam moderat dalam kurikukum PAI untuk mencegah masuknya paham
radikalisme di SMAN 1 Pamekasan pada tahap pelaksanaan. Ketiga,
Bagaimana dampak pengarusutamaan Islam moderat dalam kurikukum
PAI untuk mencegah masuknya paham radikalisme di SMAN 1
Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan cara reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan.
Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Nilai-nilai Islam
moderat jelas termuat dalam kurikulum PAI. Adapun nilai yang
terkandung didalamnya diantaranya yaitu: 1) toleransi, 2) berimbang, 3)
adil, 4) religius, 5) demokratis, 6) cinta damai, 7) cinta tanah air. Kedua,
Implementasi pengarusutamaan Islam moderat dalam kurikukum PAI
untuk mencegah masuknya paham radikalisme di SMAN 1 Pamekasan
pada tahap pelaksanaan adalah a) Optimalisasi peran guru PAI dalam
memberikan pemahaman dan penghayatan kepada siswa untuk menaman
dan menumbuhkan nilai moderat dalam diri siswa, b) Memberikan
pemahaman dan pengalaman belajar agama berbasis anti radikalisme yang
diberikan kepada siswa, c) Optimalisasi kegiatan sekolah seperti kegiatan
ekstrakulikuler berbasis moderat, d) Memperkuat jaringan kerjasama
sekolah dengan orang tua siswa dan masyarakat. e) Menerapkan kultur
budaya religius dan toleransi. Ketiga, Dampak pengarusutamaan Islam
moderat dalam kurikulum PAI diantaranya, a) Siswa mampu merawat dan
menjaga ukhuwah wathaniyah, ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah
insaniyah, b)Menjadikan siswa agen kerukunan, dan c) Dapat
meningkatkan karakter nilai-nilai dalam diri siswa di SMAN 1 Pamekasan
Tidak tersedia versi lain