Text
Dinamika Penerapan Pembelajaran Aktif Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Pada Pendidikan Formal Di Pondok Pesantren Putri Darul Jihad Cendana Kadur & Pondok Pesantren Putri Miftahul Ulum Kebun Baru Palengaan Pamekasan
Kata Kunci : Pembelajaran Aktif, Kitab Kuning, Pondok Pesantren
Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat tiga pokok kajian. Pertama,
Mengapa model pembelajaran aktif digunakan dalam pembelajaran kitab kuning pada
pendidikan formal di Pondok Pesantren Putri Darul Jihad Cendana Kadur & Pondok
Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Palengaan Pamekasan. Kedua, Bagaimana
efektivitas penerapan pembelajaran aktif dalam pembelajaran kitab kuning pada
pendidikan formal di Pondok Pesantren Putri Darul Jihad Cendana Kadur & Pondok
Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Palengaan Pamekasan. Ketiga, Bagaimana
implikasi penerapan pembelajaran aktif dalam pembelajaran kitab kuning terhadap
penguasaan kosa kata (mufrodat) pada pendidikan formal di Pondok Pesantren Putri
Darul Jihad Cendana Kadur & Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru
Palengaan Pamekasan.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui
wawancara tidak terstruktur, observasi langsung non-partisipan dan dokumentasi.
Sumber data dalam penelitian ini adalah Pengurus pondok pesantren, dan santri
Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas (ketekunan
pengamatan, trianggulasi, dan perpanjangan pengamatan), transferbilitas, dan
konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Untuk memperbaiki mutu dan
kualitas pembelajaran yang membosankan, maka pada pelaksanaannya dapat
menerapkan berbagai model pembelajaran. Salah satunya adalah melalui
pembelajaran aktif. 2) Penerapan pembelajaran aktif dalam pembelajaran kitab
kuning pada pendidikan formal di Pondok Pesantren Putri Darul Jihad Cendana
Kadur & Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru Palengaan Pamekasan di
anggap efektif karena memenuhi indikator. 3) Implikasinya terhadap mufrodat ada
peningkatan bagi Santri, karena selain diterapkan pada kitab fathul qorib yang disertai
dengan menerjemah kedalam Bahasa Indonesia baik secara nahwiyah atau
penerjemahan secara mafhumdan kegiatan ini juga didukung ddengan kegiatan
madrasiyah berupa pembelajaran tindak lanjut kitab fathul qorib yang dikemas
dengan kegiatan bathsul masail untuk menambah pemahaman Santri terhadap isi
kitab fathul qorib dan menerjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.
Tidak tersedia versi lain