Text
Penggunaan Media Audio dalam Menghafal al-Qur’an di Pendidikan Anak Huffad Usia Dini (PANHUD) Al-Amien Tegal Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep
Kata Kunci : Media Audio, Menghafal al-Qur’an, PANHUD.
Pembelajaran dengan menggunakan media audio, dapat menambah
pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik. Peserta didik tidak hanya
mendengarkan pengucapan dari guru akan tapi mendapatkan tajwid yang benar
dari media Audio yang didengarkan. Oleh karena itu salah satu jenis media yang
dianggap mampu mengirimkan pesan atau materi secara baik adalah media audio.
Ini dikarenakan presentase keampuhan yang dihasilkan lebih baik dari pada media
gambar atau yang lainnya.
Permasalahan penilitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan penggunaan
media audio dalam menghafal al-Qur’an di PANHUD Al-Amien Tegal Prenduan
Kec. Pragaan Kab. Sumenep?, 2) Bagaimana efektivitas penggunaan media audio
dalam menghafal Al-Qur’an di PANHUD Al-Amien Tegal Prenduan Kec.
Pragaan Kab. Sumenep?, dan 3) Bagaimana evaluasi penggunaan media audio
dalam menghafal Al-Qur’an di PANHUD Al-Amien Tegal Prenduan Kec.
Pragaan Kab. Sumenep?. Untuk menjawab fokus penelitian ditas, maka peneliti
menggunakan metode kualitatif dengan Jenis penelitian deskriptif kualitatif.
Sumber data adalah data primer dan data sekunder (non manusia), sumber data
manusia adalah kepala sekolah, guru, orang tua siswa dan siswa. teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Model analisis data adalah model interaktif Miles & Huberman
dengan langkah-langkah kondensasi data, tampilan data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data, maka peneliti dapat disimpulkan bahwa
perencanaan penggunaan media audio dalam menghafal al-Qur’an di PANHUD
Al-Amien Tegal Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep adalah dengan bentuk
perencanaan yang terorganisir pada setiap komponen yang ada dilembaga
PANHUD, ditetapkan oleh guru sesuai dengan standar kompetensi dan
kompetensi dasar meliputi penyiapan mental peserta didik agar dapat berperan
serta secara aktif. Persiapn peralatan yang akan digunakan, ayat-ayat suci alQur’an yang akan dibahas tersedia pada media yang akan digunakan dan ruangan
tempat kegiatan pembelajaran tersedia power listrik yang dibutuhkan untuk
memutar program serta ruangan hendaknya sudah diatur sedemikian rupa (cahaya,
ventilasi, pengaturan tempat duduk, ketenangan dan lain-lain). Sementara
efektivitas penggunaan media audio dalam menghafal Al-Qur’an di PANHUD AlAmien Tegal Prenduan Kec. Pragaan Kab. Sumenep sudah berjalan dengan
efektif. Hal ini terbukti dari aspek pendekatan dalam pembelajaran adalah dengan
pendekatan pembelajaran terpusat pada siswa. Dalam hal ini guru memberikan
x
konsep pembelajaran yang diwujudkan melalui model bermain, bercerita, tanya
jawab, pemberian tugas, karyawisata, dan demonstrasi maka pembelajarannya ini
lebih banyak pada pendekatan pembelajaran yang perpusat pada siswa. Dari aspek
strategi dalam pembelajaran adalah mengacu pada target yang ditetapkan pada
tiap standard kecakapan. Strategi tersebut disesuaikan dengan pendekatan dan
langkah-langkah dari awal sampai akhir yang bertujuan agar pembelajaran dapat
berjalan dengan efektif dan efisien. Serta dari metode dalam penerapan
pembelajaran adalah metode bercerita, bermain, proyek sederhana, kerja
kelompok besar, karyawisata, tanya jawab, demonstrasi, pemberian tugas dan
beyond center and circle time. Sedangkan evaluasi penggunaan media audio
dalam menghafal Al-Qur’an di PANHUD Al-Amien Tegal Prenduan Kec.
Pragaan Kab. Sumenep adalah evaluasi dilakukan secara berkala dan di waktu
yang tidak ditentukan. Evaluasi ini tergantung guru mau evaluasi kapan, jadi
antara satu guru dengan yang lain tidak sama waktu evaluasinya. Dan waktu itu
bukan cuma satu kali, tapi berulang kali, karena yang dievaluasi itu capaian
hafalan anak didik. Dan juga evaluasi ini dilaksanakan berkali-kali pada masingmasing capaian hafalan serta evalulasi setiap akhir materi dan evaluasi sumatif
yang dilaksanakan di akhir semester sesuai dengan buku evaluasi yang terdiri dari
nama peserta didik, kelas, hari/tanggal, ziyadah (juz,surat/ayat), tasmi’,
muroja’ah, mustami’ dan keterangan
Tidak tersedia versi lain