Text
Mewujudkan Madrasah Ramah Lingkungan melalui Gerakan Madrasah Sehat (GEMES) Di MTsN 2 Pamekasan
Kata Kunci: Madrasah Ramah Lingkungan, Gerakan Madrasah Sehat.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan bagi seorang warga madrasah
dalam membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat secara terus menerus
dan memiliki kesadaran diri untuk menjadikan lingkungan madrasah menjadi
bersih, indah, rapi dan aman. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu:
Bagaimana strategi dalam mewujudkan madrasah ramah lingkungan melalui
gerakan madrasah sehat (GEMES) di MTsN 2 Pamekasan?, Bagaimana faktor
pendukung dan penghambat dalam mewujudkan madrasah ramah lingkungan
melalui gerakan madrasah sehat (GEMES) di MTsN 2 Pamekasan?, Bagaimana
gambaran hasil dari terwujudnya madrasah ramah lingkungan setelah
dilaksanakannya gerakan madrasah sehat (GEMES) di MTsN 2 Pamekasan?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di
MTsN 2 Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data
ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data
penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi.
Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan
derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan artinya peneliti
melakukan peelitian dalam waktu yang cukup lama, ketekunan pengamatan
artianya peneliti melakukan penelitian secara rinci, dan triangulasi artinya peneliti
harus memeriksa kembali keasahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Strategi dalam
mewujudkan madrasah ramah lingkungan melalui gerakan madrasah sehat
(GEMES) di MTsN 2 Pamekasan seperti sosialisasi kepada guru dan siswa
mengenai kebersihan lingkungan, jadwal piket kelas, memasang slogan-slogan,
mengadakan kerjasama dengan puskesmas kowel, kantin sehat, jumat bersih dan
jumat sehat, keteladanan dari guru seperti selalu berangkat pagi, memakai pakaian
yang bersih, rapi dan wangi, serta membantu siswa untuk menjaga kebersihan
madrasah, selalu ikut dalam kegiatan jumat sehat dan jumat bersih. Kedua, Faktor
pendukung dalam mewujudkan madrasah ramah lingkungan melalui gerakan
madrasah sehat di MTsN 2 Pamekasan terdiri dari sarana dan prasarananya yang
terbilang sudah memadai, kerjasama madrasah dengan pihak luar yaitu kerjasama
dalam bidang kesehatan dan kerjasama dalam bidang sampah. Sedangkan Faktor
penghambat dalam mewujudkan madrasah ramah lingkungan melalui gerakan
madrasah sehat di MTsN 2 Pamekasan terdiri dari kurangnya kesadaran dari
warga madrasah dalam menjaga lingkungan, masih terdapat tamu yang belum
tahu peraturan-peraturan yang ada dimadrasah ini seperti para tamu masih2
merokok di area madrasah. Ketiga, Hasil yang telah dicapai dengan adanya
program gerakan madrasah sehat yaitu sudah tidak terlihat lagi sampah yang
berserakan, cuci tangan sebelum masuk kelas setiap hari, siswa sudah terbiasa
untuk memilah sampah, dan para guru juga mulai mematuhi peraturan madrasah
untuk tidak merokok di area madrasah
Tidak tersedia versi lain