Text
PENDIDIKAN PERSUASIF ANDRAGOGIK DALAM Q.S Al-KAHFI: 60-82 (Tela’ah Pemikiran Prof. Dr. Quraish Shihab dalam Tafsir AlMisbah)
Kata Kunci : Persuasif Andagogik, Prof. Dr. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah
Pendidikan adalah ujung tombak pengejuan suatu bangsa sementara pada sisi lain,
asupan pendidikan yang didapatkan oleh para remaja abad 21 semakin jauh dari nilai etika yang
dijungjung dalam pendiidikan. Kemorosotan akhlak menjadi salah satu gambaran pendidikan
yang butuh di efaluasi dan diperhatikan kembali pada abad ini. Oleh karena itu, pendidikan
persuasif andragogik merupkan formula pendidikan yang ditawarkan dalam penelitian ini yang
sifatnya secara teoritik dan aplikatif, tidak membertukan sikologis para remaja yang agresif,
egois, dan tidak mencermirkan keterdidikannya dalam proses menanamkan pendidikan yang
humanis berbasis sikologis dalam jiwa mereka.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan persuasif andragogi
pada tafsir al-Misbah dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82. 2) Untuk mengetahui nilai nilai
pendidikan persuasif andragogi pada tafsir al-Misbah dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82. Dan 3)
Untuk mengetahui relevansi pendidikan persuasif andragogi pada tafsir al-Misbah Q.S al-Kahfi
ayat 60-82 dengan dengan sistem pendidikan di perguruan tinggi saat ini di Indonesia.
Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis library research
(studi literatur) dan dengan pendekatan content analysis, yang bermakna teknik atau cara
sistematis (proses langkah yang bersifat logis) guna menganalisis isi pesan serta mengolah nilai
nilai pendidikan persuasif andragogi pada tafsir al-Misbah dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82 karya
Prof. Dr. Quraish Shihab.
Adapun hasil penelitian ini adalah Pertama : Bahwa konsep pendidikan persusif
andragogi pada tafsir al- Misbah dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82 Antara lain : a) Konsep realitas
Idialisme ilmu pengetahuan, b) Konsep stimulus respon, c) Konsep diri, d) Konsep pengalaman
atau experience, e) Konsep kesiapan belajar (isti’dad), f) orientasi belajar (orientation to
learning). Kedua : Adapun nilai-nilai pendidikan persusif andragogi pada tafsir al- Misbah
dalam Q.S al-Kahfi ayat 60-82 adalah a) Kerendahan hati (tawadhu’), b) Nilai keseriusan serta
kesungguhan dalam mencari ilmu, c) Nilai manfaat bagi orang lain, d) Nilai kesabaran dan
berlapang dada, e) Nilai kejujuran, f) Nilai lemah-lembut, g) Nilai kedisiplinan, dan h) Nilai
keberanian. Ketiga : Relevansi pendidikan persusif andragogi pada tafsir al- Misbah dalam Q.S
al-Kahfi ayat 60-82 dengan sistem pendidikan di perguruan tinggi saat ini di Indonesia bahwa
nilai andragogy persuasive Q.S al-Kahfi ayat 60-82 tercermin dalam a) sikap yang menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dan moral bagi setiap lulusan, b) keterampilan umum mahasiswa
mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
Tidak tersedia versi lain