Text
Pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 3 Pamekasan
Kata Kunci: Unit Kegiatan Belajar Mandiri, Mata Pelajaran, Akidah Akhlak.
Pelaksanaan unit kegiatan belajar mandiri merupakan suatu kegiatan menggali ilmu
pengetahuan dan mengasah pengalaman secara mandiri yang dilakukan oleh siswa. Sedangkan
mata pelajaran akidah akhlak merupakan mata pelajaran yang didalamnya berisi tentang akhlakul
karimah dan menjauhi akhlak yang tercela. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan
penulis mengenai pelaksanaan penggunaan media pembelajaran unit kegiatan belajar mandiri
mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 3 Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, ada empat
pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana
perencanaan guru pada unit kegiatan belajar mandiri mata pelajaran akidah akhlak di MTsNegeri
3 Pamekasan. Kedua, bagaimana pelaksanaan unit kegiatan belajar mandiri mata pelajaran
akidah akhlak di MTs Negeri 3 Pamekasan. Ketiga, bagaimana hasil pelaksanaan unit kegiatan
belajar mandiri mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 3 Pamekasan. Keempat, apa saja
faktor pendukung dan faktor penghambat dari pelaksanaan unit kegiatan belajar mandiri mata
pelajaran akidah akhlak di MTsNegeri 3 Pamekasan.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi
terstruktur), observasi (non partisipan), dan dokumentasi, denganinforman guru dansiswa
MTsNegeri 3 Pamekasan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui keikutsertaan
peneliti, triangulasi dengan ketekunan peneliti/pengamatan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan unit kegiatan
belajar mandiri mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 3 Pamekasan perencanaan unit
kegiatan belajar mandiri dibuat oleh tim guru MGMP yang bekerjasama dalam menyusun
UKBM kemudian disetor kepada kepala sekolah, disetujui, dan akan dibagikan kepada siswa.
Kedua, pelaksanaan unit kegiatan belajar mandiri mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3
Pamekasan berjalan sangat baik dan siswa lebih nyaman belajar sehingga penyelesaian tugas
siswa cepat. Ketiga, hasil dari pelaksanaan unit kegiatan belajar mandiri mata pelajaran akidah
akhlak di MTs Negeri 3 Pamekasan prestasi siswa semakin baik dan meningkat siswa lebih
banyak belajar dan sudah banyak siswa yang bias mengamalkan apa yang mereka pelajari di
sekolah. Keempat, faktor pendukung dari pelaksanaan unit kegiatan belajar mandiri mata
pelajaran akidah akhlak di MTsNegeri 3 Pamekasan tanggung jawab siswa mengemban tugas,
dan rasa kedisiplinan siswa. Sedangkan faktor penghambat dari pelaksanaan unit kegiatan belajar
mandiri mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 3 Pamekasan adalah kemalasan siswa,
teman sepergaulan, dan faktor ekonomi keluarga siswa.
Tidak tersedia versi lain