Text
Penerapan Kelas Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Mi At-Taubah Desa Prajjan Camplong Sampang Dan Mi Miqthaful Ulum Desa Taddan Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang
Kata Kunci : Kelas Literasi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Pada dua lembaga menyelenggarakan di dalam kelas terkait kegiatan
membaca dalam mengatasi siswa yang merasakan kesulitan membaca, yakni kelas
literasi, di dalam kelas tersebut siswa di fokuskan dalam kegiatan membaca.
Dalam kegiatan tersebut terdapat guru yang memandu dan memantaunya,
Sehingga peneliti tertarik terhadap fenomena yang terjadi diatas dengan judul
Penerapan Kelas Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an
di MI At-Taubah Prajjan Camplong Sampang Dan MI Miqthaful Ulum Taddan
Camplong Sampang.
Terdapat tiga fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: pertama
Bagaiaman penerapan kelas literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca
al-Qur’an di MI At-Taubah dan MI Miqthaful Ulum. Kedua Bagaimana factor
pendukung dan penghambat dalam menerapkan kelas literasi dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-Qur’an di MI At-Taubah dan MI Miqthaful Ulum.
Ketiga, Bagaiamana hasil penerapan kelas literasi dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-Qur’an di MI At-Taubah dan MI Miqthaful Ulum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Penelitian ini di lakukan di MI At-Taubah dan MI Miqthaful Ulum Camplong
Sampang, data yang di kumpulkan melalui wawancara yang mendalam, observasi
langsung, serta dokumentasi di lapangan untuk memperoleh keabsahan data
peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi
waktu.
Hasil dari peneitian adalah dengan di terapkan kelas literasi setiap guru
menginginkan yang sesuai dengan tujuan program yang di inginkan dalam rangka
membina dan menerapkan siswa untk lebih aktif, sebagaimana proses penerapan
kelas literasi terhadap siswa dengan mengahsilkan hasil yang sangat baik dan
memuaskan sesuai apa yang di harapkan sekolah, hasil tersebut terlihat oleh siswa
yang sangat fashih dan lancar dalam membaca ayat-ayat suci al-Qur’an khususnya
dari surah ad-Dhuha samapai an-Nas, selain fashih dan lancar sesuai dengan ilmu
tajwid, terdapat juga bebebrapa siswa yang mampu menghafalnya dengan baik
dan benar, serta siswa semakin di siplin dalam kegiatan keagamaan yang di
terapkan di sekolah
Tidak tersedia versi lain