Text
Metode Blended Learning Pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 7 MTs Sabilul Muttaqien, Buddagan Pamekasan
Kata Kunci : Metode Blended Learning, Keterampilan Berbicara.
Metode blended learning adalah metode yang menggunakan dua pendekatan sekaligus.
Dalam artian, metode ini menggunakan sistem daring sekaligus tatap muka melalui video
converence. Blended learning menjadi salah satu strategi pembelajaran baru yang banyak
memberikan keuntungan, sekaligus sebagai bentuk dukungan teknologi informasi dan komunikasi
kearah modus pembelajaran baru.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam
penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan metode blended learning pada pembelajaran
keterampilan berbicara siswa kelas 7 di MTS Sabilul Muttaqien, Buddagan Pamekasan; Kedua,
Bagaimana kelebihan dan hambatan dalam penerapan metode blended learning pada pembelajaran
keterampilan berbicara siswa kelas 7 di MTS Sabilul Muttaqien, Buddagan Pamekasan; Ketiga,
Bagaimana solusi dari hambatan dalam penerapan metode blended learning pada pembelajaran
keterampilan berbicara siswa kelas 7 di MTS Sabilul Muttaqien, Buddagan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif,
pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis
data menggunakan langkah-langkah yaitu; mengamati penerapan Metode Blended Learning dalam
pembelajaran keterampilan berbicara siswa, wawancara pada guru tentang penerapan Metode
Blended Learning, menyimpulkan. Informannya adalah guru dan siswa
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Penerapan metode blended learning di MTs
Sabilul Muttaqien pada siswa kelas 7 dilakukan secara kombinasi atau campuran antara
pembelajaran daring (online) dan pembelajaran tatap muka (luring) yang dilakukan pada mingggu
pertama dan ketiga. Kedua, kelebihan dalam penerapan metode blended learning pada
pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas yaitu menantang kompetensi guru dalam
persiapan penyajian materi ajar kepada siswa dan materi belajar yang dapat diakses kapanpun.
Ketiga, hambatan dalam penerapan metode blended learning pada pembelajaran keterampilan
berbicara yaitu kuota internet, jaringan sinyal yang kurang stabil dan motivasi belajar mandiri
siswa yang rendah
Tidak tersedia versi lain