Text
eningkatan Kompetensi Profesional dan Pedagogik Calon Guru Tugas Melalui Program Tamrinut Ta’lim di Pondok Pesantren Miftahul Ulum desa Bettet Kecamatan Pamekasan Kaupaten Pamekasan
Kata Kunci : Peningkatan, Profesional, Pedagogik, Calon Guru Tugas, Tamrinut
Ta’lim
Tamrinut ta’lim merupakan program pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet
Pamekasan dalam meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik calon guru
tugas dalam mengemban amanah dari pondok pesantren untuk mengaktualisasikan
ilmu dan pengalamannya kepada lembaga atau pondok pesantren sebagai tenaga
pendidik yang berkualitas.
Penelitian ini berupaya untuk mengeksplorasi eksistensi peningkatan
kompetensi profesional dan pedagogik calon guru tugas dengan bertumpu pada tiga
fokus penelitian yaitu; 1). Bagaimana pelaksanaan peningkatan kompetensi
profesional dan pedagogik calon guru tugas melalui program Tamrinut Ta’lim di
Pondok Pesantren Miftahul Ulum desa Bettet Kecamatan Pamekasan Kabupaten
Pamekasan.?, 2). Apa saja kendala yang dihadapi dalam peningkatan kompetensi
profesional dan pedagogik calon guru tugas melalui proram Tamrinut Ta’lim di
Pondok Pesantren Mftahul Ulum desa Bettet Kecamatan Pamekasan Kabupaten
Pamekasan.?. 3). Bagaimana hasil peningkatan kompetensi profesional dan
pedagogik calon guru tugas melalui program Tamrinut Ta’lim di Pondok Pesantren
Miftahul Ulum desa Bettet Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan.?, Lokasi
penelitian yang dipilih ialah di Pondok Pesantren Miftahul Ulum desa Bettet
Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. sedangkan analisis data yang
digunakan adalah menggunakan analisis data kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan 1). Pondok pesantren Miftahul Ulum Bettet
Pamekasan telah berupaya untuk melaksanakan peningkatan kompetensi
profesional dan pedagogik terhadap calon guru tugas melalui program Tamrinut
Ta’lim sebagai jalan alternatif bagi calon guru tugas agar senantiasa mempunyai
bekal yang cukup untuk terjun kemasrakat. Hal ini tentu sudah dirancang dengan
matang mulai dari rapat pengurus pondok pesantren, pemilihan ketua panitia,
mengundang dan memilih pemateri, menentukan waktu pelaksanaan, menentukan
materi dan tempat pelaksanaan. 2). Kendala yang terjadi pada saat pelaksanaan
kegiatan Tamrinut Talim tidak terlalu fatal karena kegiatan tersebut masih bisa
berjalan dengan lancar. Disamping itu kedisiplinan menjadi salah satu penentu
suksesnya kegiatan agar kegiatan yang akan dilaksanakan berjalan dengan sukses.
3). Hasil dari peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik melalui program
Tamrinut Ta’lim sangat berkontribusi terhadap guru tugas ditempat tugasnya
masing-masing. Mereka mampu mengelola beberapa kegiatan dengan baik dan
mendidik peserta didik dengan ilmu agama.
Studi ini sesungguhnya masih banyak memiliki kekurangan dan kelemahan.
Studi ini hanya mengkaji peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik
padahal masih ada beberapa kompetensi lainnya. Maka dari itu studi ini masih
memiliki peluang besar untuk dikembangkan dalam bentuk penelitian yang lain
Tidak tersedia versi lain