Text
, Pengembangan Bahan Ajar Materi Khat Berbasis Metode Hamidi Bagi Siswa Kelas 1 Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Pakandangan Barat Bluto Sumenep
Kata kunci: Bahan Ajar, Khat, Metode Hamidi.
Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda merupakan salah satu dari sekian
madrasah yang mengajarkan materi khat sebagai materi yang diajarkan di kelas.
Materi ini dianggap sebagai salah satu materi penting yang harus diperhatikan,
dengan melihat mayoritas materi yang diajarkan di kelas berupa materi berbahasa
Arab, sehingga siswa dituntut untuk mampu menulis bahasa Arab dengan baik
dan benar. Akan tetapi pada kenyatannya tulisan siswa kelas 1 MTs Nurul Huda
masih jauh dari standar yang diinginkan.
Oleh karena itu berlandaskan pada hasil penelitian lapangan, peneliti
berusaha mengembangkan sebuah bahan ajar dalam bentuk buku latihan yang
disusun untuk siswa kelas 1 MTs Nurul Huda. Dalam penelitiannya peneliti
merumuskan tiga masalah sebagai kunci dalam penelitian ini, yaitu tentang
bagaimana kelayakan bahan ajar materi Khat berbasis Metode Hamidi untuk
siswa kelas 1 MTs Nurul Huda, apa saja aspek yang dikembangkan pada bahan
ajar materi Khat berbasis Metode Hamidi untuk siswa kelas 1 MTs Nurul Huda
dan bagaimana respon siswa terhadap buku latihan materi Khat berbasis Metode
Hamidi yang telah dihasilkan.
Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang
lebih dikenal dengan Research and Development (R&D). Dalam penelitiannya
dengan hipotesis bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan
dan mampu meningkatkan tulisan siswa kelas 1 MTs Nurul Huda. Adapun metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, kuesioner, observasi dan
dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis
deskriptif untuk data kualitatif dan metode analisis statistik deskriptif (Analysis
Statistic Descriptive), uji persyaratan dan uji-t non parametrik Wilcoxon Signed
Test
Tidak tersedia versi lain