Text
Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Rumpun PAI melalui Program Penilaian Kinerja Guru di MAN Sumenep dan MA Miftahul Ulum Lenteng Kabupaten Sumenep,
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Guru Rumpun PAI, Penilaian Kinerja
Guru (PKG)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan pedagogik
guru dalam melaksanakan pengajaran, sehingga dengan terlaksananya program
Penilaian Kinerja Guru sebagai penegasan agar guru senantiasa berupaya dengan
semaksimal mungkin untuk meningkatkan kompetensinya sehingga menghasilkan
pembelajaran yang bermutu.
Berdasarkan hal tersebut terdapat tiga masalah yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini ialah Pertama, Bagaimana proses peningkatan kompetensi
pedagogik guru rumpun PAI melalui program penilaian kinerja guru di MAN
Sumenep dan MA Miftahul Ulum Lenteng Sumenep?, Kedua, Aspek apa saja yang
perlu ditingkatkan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru rumpun PAI
melalui program penilaian kinerja guru di MAN Sumenep dan MA Miftahul Ulum
Lenteng Sumenep?, Ketiga, Bagaimana hasil dari peningkatan kompetensi pedagogik
guru rumpun PAI melalui program penilaian kinerja guru di MAN Sumenep dan MA
Miftahul Ulum Lenteng Sumenep?.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya
adalah Kepala Madrasah, Guru Rumpun PAI dan Pengawas Madrasah. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, uraian rinci
dan triangulasi.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Proses
peningkatan kompetensi pedagogik guru di MAN Sumenep dengan pembinaan secara
rutin dan berbagai program yang dapat membantu meningkatkan skill guru,supervisi
guru lalu dilanjutkan dengan PKG. Sedangkan di MA Miftahul Ulum Lenteng
Sumenep adalah dengan diklat, workshop, rapat guru, pembinaan guru dan kerja sama
semua guru. Kedua, Aspek yang perlu ditingkatkan dalam meningkatkan kompetensi
pedagogik guru di MAN Sumenep adalah guru dapat mengelola pembelajaran dikelas
, mengunakan metode yang sesuai dengan bidang yang diampu, guru dapat membuat
perangkat pembelajaran dan dapat menilai dari hasil pembelajaran. Sedangkan di MA
Miftahul Ulum Lenteng Sumenep adalah membuat perangkat pembelajaran,
memahami karakteristik siswa, guru dapat mengelola pembelajaran dikelas,
mengunakan metode yang sesuai dengan bidang yang diampunya, memanfaatkan alat
teknologi dalampembelajaran serta dapat memberikan penilaian. Ketiga, Hasil dari
Tidak tersedia versi lain