Text
Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Pendidik di MI Internasional Sabilillah Sampang
Katakunci: Kepemimpinan, Visioner, Mutu Pendidik
Penelitian ini difokuskan pada tiga hal, yaitu bagaimana peran
kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pendidik
di MI Internasional Sabilillah Sampang, Bagaimana urgensi kepemimpinan
visioner kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pendidik di MI
Internasional Sabilillah Sampang, Bagaimana tantangan dan hambatan
kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pendidik
di MI Internasional Sabilillah Sampang.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan
deskriptif sebagai pengambilan sumber data. Pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, wawancara dan data dokumentasi. Serta menggunakan tiga
analisis data yaitu pengecekan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi
data. Kemudian menggunakan triangulasi sumber, metode, dan perpanjangan
penelitian sebagai pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Peran kepemimpinan visioner
kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pendidik di MI Internasional
Sabilillah Sampang diantaranya; a. merekrut tenaga pendidik sesuai bidangnya
dan minimal semuanya harus strata I, merekrut berdasarkan guru mapel, b. MI
Inetrnasional Sabilillah Sampang madrasah nasional berasrama yang menerapkan
sistem pendidikan berkualitas internasional dimana madrasah ini menerapkan
kurikulum nasional plus, yaitu perpaduan kurikulum Kementerian Pendidikan
Nasional dan Kementerian Agama ditambah dengan kurikulum lokal yang
merupakan program unggulan madrasah, c. kepala madrasah menjaga kinerja
tenaga pendidik dengan cara melakukan pendekatan secara emosional terutama
kepada pendidik yang merosot kinerjanya, d. kepala madrasah mengadakan
evaluasi baik personal maupun invidu setiap seminggu sekali yaitu pada hari
sabtu, apa yang menjadi masalah atau kekurangan di selesaikan saat itu juga, atau
dicarikan solusinya pada saat itu juga. 2) Urgensi kepemimpinan visioner kepala
madrasah dalam mengembangkan mutu pendidik di MI Internasional Sabilillah
Sampang yaitu, mengedepankan visi misi madrasah, kemudian kepala madrasah
royal mengirim tenaga pendidik untuk mengikuti pelatihan, seperti bimtek,
workshop dan lain sebagainya, serta kepemimpinan kepala madrasah sebagai
edukator, inovator, supervisor dan juga motivator. 3) Tantangan dan hambatan
diantaranya; a. guru dituntut untuk bisa menyelesaikan tugas tepat waktu dan tepat
sasaran, selain itu juga harus bisa ikut menulis asesmen kompetensi nasional, b.
diera digitalisasi guru harus profesional dan mengusai tekhnologi pendidikan.
Hambatan yang dialami setiap pendidik mempunyai kelemahan tersendiri baik
ketika proses belajar mengajar maupun ketika tugas menjadi seorang pendidik.
Tidak tersedia versi lain