Text
Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas IV MI Hidayatul Anam Di Desa Palesanggar, Kec. Pegantenan, Kab. Pamekasan
Kata kunci : Metode Cooperative Script, Minat elajar
Metode cooperative dalam pengembangannya telah mengalami banyak
adaptasi sehingga melahirkan beberapa pengertian dan bentuk yang sedikit
berbeda antara satu dengan yang lainnya. Metode cooperative script adalah
pembelajaran yang mengatur interaksi peserta didik seperti ilustrasi kehidupan
sosial peserta didik dengan lingkungannya sebagai individu, dalam keluarga
dan masyarakat.
Dengan adanya metode cooperative script dalam matapelajaran bahasa
Indonesia kemungkinan dapat melatih keterampilan menyimak siswa saat
pembelajaran berlangsung. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka
rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : Pertama, bagaimana penerapan
metode pebelajaran Cooperative script?. Kedua, Bagaimana hasil peningkatan
Minat belajar siswa sesudah menggunakan penerapan metode pembelajaran
Coperative script ?. Ketiga, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat di
dalam penerapan metode pembelajaran Cooperative script untuk
meningkatkan minat belajar siswa?. Adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui
bagaimana penerapan metode Coopertaive script, untuk mengetahui hasil dari
minat belajar siswa dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor
penghambat dalam penerapan metode Coopertive script. Dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif. Hasil dari
deskripsi pada skripsi ini diperoleh dari hasil observasi, peneliti dapat
mengamati langsung kelapangan saat kegiatan pembelajaran pada saat
menggunakan metode Cooperative script, selain itu peneliti juga
menggunakan wawancara secara langsung kepada sumber data, serta adanya
dokumentasi sebagai pengumpulan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, penerapan metode
cooperative scrpt pada mata pelajara bahasa indonesia di kelas IV MI
Hidayatul Anam Di Desa Palesanggar, Kec. Pegantenan, Kab. Pamekasan
yaitu : penerapan metode ini di mulai dari siswa di bagi kelompok, di berikan
materi untuk di baca dan di fahami, di suruh maju kedepan secara bergantian,
menyimpulkan kedua, hasil dari penerapan metode Coopertive scrip ini yaitu
siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan rasa minat belajar siswa
meningkat terlihat dari kesemangatan mereka ketika mengikuti pembelajaran
dan konsentrasi pada guru dan mata pelajaran terlihat dengan adanya meraka
dapat menjabarkan (menjelaskan) dari hasil apa yag mereka peroleh dari
bacaan yang telah dibaca dan disimpulkan, ketiga, faktor pendukung dan
penghambat dalam penerapan metode Coopertive script yaitu pertama faktor
pendukung yaitu Guru yang menyenangkan, alat dan sumber belajar., kedua,
waktu dan karakter siswa yang berbeda-beda
Tidak tersedia versi lain