Text
“Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Pelajaran Fiqih Materi Puasa Ramadhan Kelas III di MI Nurur Rahmah Batujaran Sumenep
Kata Kunci: Pelajaran Fiqih, Kooperatif Tipe Snowball Throwing.
Penelitian ini dilakukan karena melihat proses belajar mengajar yang
cenderung bersifat pasif dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Selain
itu siswa juga semakin kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga
dapat menimbulkansuasana yang kurang aktif dalam proses belajar mengajar peserta
didik. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian yang menjadi kajian pokok
dalam pembahasan penelitian ini yaitu; pertama, untuk mengetahui seberapa jauh
metode pembelajaran tersebut dibutuhkan (urgen) dalam penyampaian pelajaran fikih
materi puasa ramadhan bagi kelas III MI Nurur rahmah; kedua, untuk mengetahui
kelebihan dan kekurangan apa yang ditemukan pada penerapan metode pembelajaran
kooperatif tipe snowball throwing setelah di terapakan pada siswa kelas III MI Nurur
Rahmah; ketiga, untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ditemukan pada
penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan solusi yang
ditawarkan untuk mengatasi kendala yang terjadi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif
yang bersifat deskriptif yakni metode yang tidak dapat diukur atau dijelaskan dengan
angka-angka, melainkan metode yang dihasilkan berupa narasi yang tertulis maupun
lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Proses penelitian yang
dilakukan salah satunya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada pelajaran fikih materi puasa
ramadhan kelas III di MI Nurur Rahmah Batujaran Sumenep sangat penting (urgen)
agar siswa tidak jenuh dan sebagai sebuah cara menarik minat belajar siswa serta
meningkatkan hasil belajar siswa; kedua, model pembelajaran kooperatif tipe
snowball throwing memiliki sebuah kelebihan yaitu siswa dapat lebih mudah
memahami serta mengerti secara mendalam tentang materi pelajaran yang dipelajari.
Namun juga memiliki kekurangan yaitu pada aspek kondusifitas yang kurang
terkontrol dan pada akhirnya membuat kelas menjadi terlalu gaduh; ketiga kendalan
yang ditemukan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball
throwing yaitu beberapa siswa tidak ikut berperan aktif dan pertanyaan yang tidak
sesuai dengan materi yang sedang dibahas. Untuk mengatasi hal tersebut, guru
semaksimal mungkin mengarahkan siswa agar bekerjasama dengan baik dan
melakukan penataan meja kelas dengan baik.
Tidak tersedia versi lain