Text
Upaya Mengembangkan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SDN Polagan II
Kata Kunci: Model Pembelajaran Interaktif, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPA
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena siswa kurang aktif dalam
pembelajaran IPA. Siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses
pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Selain itu, model pembelajaran yang
digunakan guru kurang bervariasi. Guru hanya menggunakan model pembelajaran
konvensional dengan metode ceramah. Siswa cenderung bosan dengan model
pembelajaran yang monoton sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan
kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu model
pembelajaran yang dapat mengembangkan keaktifan siswa yaitu model
pembelajaran interaktif. Model pembelajaran interaktif sering dikenal dengan
nama pendekatan pertanyaan anak. Model ini dirancang agar siswa akan bertanya
dan kemudian menemukan jawaban pertanyaan mereka sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keaktifan siswa pada
pembelajaran IPA melalui model pembelajaran interaktif. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus
dengan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
Polagan II yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan lembar observasi, lembar angket, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan
analisis kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran interaktif
dapat mengembangkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SDN
Polagan II Tahun Ajaran 2022/2023 yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan
skor keaktifan siswa. Kekatifan siswa pada kondisi awal memperoleh skor ratarata sebesar 52 dimana skor tersebut termasuk kedalam kategori kurang aktif.
Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 skor rata-rata mengalami peningkatan
menjadi 67 dimana skor tersebut termasuk kedalam kategori cukup aktif. Pada
siklus 2 terjadi kembali peningkatan skor rata-rata sebesar 82 dimana skor tersebut
termasuk kedalam kategori aktif
Tidak tersedia versi lain