Text
Penggunaan Media Dua Dimensi Berbasis Gambar untuk Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN Taraban
Kata Kunci: Media Dua Dimensi Berbasis Gambar, Aktifitas Belajar Siswa
Sekolah dasar SDN Taraban memiliki sedikit sekali penggunaan media dua
dimensi yang membuat siswa tidak antusias dalam belajar. Media dua dimensi
adalah sebutan umum untuk alat peraga yang hanya memiliki ukuran panjang dan
lebar yang berada pada satu bidang datar. media dua dimensi dapat membantu guru
agar dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam aktivitas belajar sehingga dapat
memperoleh hasil belajar yang maksimal. Dengan demikian media dalam aktivitas
belajar sangat diperlukan agar siswa tertarik dan bersemangat mengikuti pelajaran.
Berdasarkan permasalahan di atas maka terdapat dua tujuan dalam
penelitian ini, yaitu: Pertama untuk mengetahui penggunaan media dua dimensi
berbasis gambar untuk aktifitas belajar siswa, Kedua untuk mendeskripsikan apa
saja fakkor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media dua dimensi
gambar untuk aktifitas belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data
yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasinya
adalah Kepala sekolah, Guru, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama penggunaan media dua
dimensi berbasis gambar sangat diperlukan guru agar dapat membantu proses
belajar dikelas berjalan dengan baik dan menyenagkan, media gambar dapat
mempermudah siswa yang lemah dan lambat dalam memahami atau menerima
materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan media gambar juga mampu
memberikan penjelasan secara detail dalam bentuk gambar yang nyata dan media
gambar mudah didapat. Kedua faktor pendukung penggunaan media berbasis
gambar untuk aktifitas belajar siswa yaitu: profesionalitas guru, respon siswa,
kesabaran dan ketelatenan guru, sedangkan faktor penghambat penggunaan media
berbasis gambar untuk aktifitas belajar siswa yaitu: Profesionalitas guru, Ukuran
yang terbatas untuk kelompok besar, sarana dan prasarana
Tidak tersedia versi lain