Text
Penerapan Media Teks Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa kelas 3 di SDN Branta Pesisir 1 Tlanakan Pamekasan”
Kata Kunci: Media Teks , Keterampilan Bercerita.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkatan keterampilan bercerita siswa
kelas 3 di SDN Branta Pesisir 1 Tlanakan Pamekasan, yang di latar belakangi
rendahnya keterampilan bercerita siswa, penelitian ini termasuk penelitian
tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 yang terdiri dari 18 siswa.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setap siklus dilaksanakan dalam dua kali
pertemuan. Setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data ialah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Informasi yang perlu diperoleh ialah dengan
melakukan wawancara terhadap guru wali kelas IIl SDN Branta Pesisir 1
Tlanakan Pamekasan. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah menggunakan
model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi kata dan penarikan
kesimpulan.
Perencanaan dalam penelitian yang dilaksanakan di SDN Branta pesisir 1 tlanakan
pamekasan mulai dari dalam percobaan tes awal sebelum memulai ke siklus 1 dan
siklus ll. Kesulitan dalam melaksanakan suatu tes guru harus lebih terampil, dalam
keterampilan bercerita terutama membuat cerita yang menarik supaya peserta
didik bisa memahami dan tertarik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan bercerita siswa mengalami
Peningkatan melalui penggunaan media teks. Pada prasiklus nilai rata-rata keterampilan
bercerita 61,2 meningkat menjadi 72,6. pada siklus 1 dan pada siklus ll. siswa yang Sudah
Mencapai rata rata keterampilan bercerita juga mengalami peningkatan pada persiklus
meningkat menjadi 61,2% pada siklus 1 dan 72,6% pada siklus ll
Tidak tersedia versi lain