Text
Persepsi Guru Tentang Metode Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB PGRI Pademawu
Kata Kunci : Persepsi, Metode Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus
Penelitian ini berangkat dari pengamatan tentang penggunaan metode yang
di gunakan oleh guru untuk mengajar terhadap anak berkebutuhan khusus, agar
siswa dapat mengerti materi yang di sampaikan oleh guru dan bisa memaksimalkan
proses belajar mengajar terhadap anak berkebutuhan khusus.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mengenai
persepsi guru tentang metode pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus, untuk
memperoleh data yang akurat maka peneliti fokus terhadap tiga persoalan yaitu : 1.
Bagaimana persepsi guru tentang metode yang harus digunakan dalam
pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI Pademawu? 2. Apa
saja metode pembelajaran yang di gunakan untuk anak berkebutuhan khusus di SLB
PGRI Pademawu? 3. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan
metode-metode pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI
Pademawu?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif yaitu penelitian yang
bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah:
wawancara, observasi, dan dokumentasi, sumber data yang digunakan yaitu primer
dan skunder, data primer dalam penilitian ini yaitu data hasil wawancara dengan
guru dan hasil observasi kegiatan pendekatan di kelas, sedangkan data sekundernya
yaitu hasil dokumentasi penelitian. Proses analisis data yang digunakan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara proses pengecekan
keabsahan yang digunakan memperpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan,
dan triangulasi (sumber).
Hasil penelitian yang ditemukan peneliti yaitu : pertama Persepsi guru
tentang metode belajar mengajar anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI
Pademawu yaitu dengan menerapkan metode yang sama persis dengan yang di
terapkan pada anak normal lainnya, hanya saja perbedaannya adalah cara
penyampaiannya guru terhadap siswa. Kedua Metode guru yang sering di gunakan
dalam proses belajar mengajar yaitu dengan dengan metode visual atau gambar di
karenakan siswa lebih bisa menangkap materi di bandingkan metode lainnya. Selain
metode gambar, guru di SLB PGRI Pademawu seringkali menerapkan metode
diskusi. Dua metode tersebut yang sering digunakan guru SLB PGRI Pademawu
dan di anggap efektif pada siswa. Ketiga Faktor pendukung pada saat proses belajar
mengajar untuk menumbuhkan karakter siswa itu sendiri dan menumbuhkan bakatbakat yang ada pada setiap siswa dan memotivasi siswa supaya percaya diri,
Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya komunikasi dari orang tua atau
wali siswa dikarenakan banyak orang tua yang sibuk terhadap pekerjaanya masingmasing
Tidak tersedia versi lain