Text
Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Sabilul Ihsan Teja Timur Pamekasan,
Kata kunci : Status Sosial Ekonomi, Orang Tua, Prestasi Belajar
Status sosial ekonomi adalah kondisi yang menggambarkan kedudukan seseorang atau
keluarga dalam masyarakat yang di pengaruhi oleh pendidikan, pekerjaan dan pendapatan. Namun,
status sosial ekonomi bisa menyebabkan prestasi belajar anak tinggi dan bisa menyebabkan prestasi
anak menjadi rendah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus pembahasan yang menjadi kajian dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana gambaran status sosial ekonomi orang tua siswa di SMA
Sabilul Ihsan? kedua, bagaimana gambaran prestasi bekajar siswa di SMA Sabilul Ihsan? ketiga,
bagaimana dampak status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA
Sabilul Ihsan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Deskriptif kualitatif adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau
menggambarka fenomena, fakta maupun keadaan yang terjadi di lapangan selama penelitian
berlangsung secara alamiah (apa adanya). Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah , waka kesiswaan, waka
kurikulum,wali kelas, siswi beprestasi, siswi tidak berprestasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Gambaran prestasi belajar siswa kelas XI di
SMA Sabilul Ihsan sudah sangat baik dan sangat beragam juga terdapat siswa yang memiliki prestasi
pada masing-masing kategori. Siswa yang tidak berprestasi di pengetahuan namun berprestasi di
bidang keterampilan, sikap sosial dan sikap spiritual, hal itu di karenakan sebagaimana aspek-aspek
penilaian yang di gunakan di SMA Sabilul Ihsan; kedua, Gambaran status sosial ekonomi orang tua
siswa kelas XI di SMA Sabilul Ihsan sangat beragam dengan rata-rata mempunyai status sosial
ekonomi rendah. Status sosial ekonomi di pengaruhi oleh pendidikan, pekerjaan dan pendapatan.
Status sosial ekonomi rendah yaitu orang tua siswa yang berpendidikan rendah, pekerjaan berstatus
rendah (petani) dan pendapatan kurang lebih Rp. 500.000 per bulan sebanyak 74%. Status sosial
ekonomi sedang yaitu orang tua siswa berpendidikan sedang, pekerjaan berstatus sedang, pendapatan
kurang lebih Rp. 500.000 per bulan sebanyak 21%. Status sosial ekonomi tinggi yaitu berpendidikan
tinggi, pekerjaan berstatus tinggi, dan pendapatannya Rp. 2.000.000 per bulan sebanyak 5%;
ketiga,dampak status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMA Sabilul Ihsan
tidak memberikan dampak yang signifikan, karena di SMA Sabilul Ihsan terbukti ada siswa yang
orang tuanya mempunyai status sosial ekonomi yang rendah namun anaknya mempumyai prestasi
belajar yang tinggi. Dan ada juga sis
Tidak tersedia versi lain