Text
Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas Viii Smpn 1 Larangan Pamekasan
Kata kunci: Kemampuan, Membaca Intensif
Kemampuan membaca sangat penting dimiliki oleh siswa. Melalui membaca
siswa akan memperoleh pengetahuan atau wawasan yang lebih luas dalam segala
hal dan membuat belajar menjadi lebih mudah.. Rendahnya kemampuan membaca
dan pemahaman tentang isi teks bacaan yang kurang, menjadi pokok permasalahan
yang dihadapi guru kelas VIII di SMPN I Larangan. Berdasarkan kondisi terangan
rsebut perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan
membaca intensif siswa kelas VIII SMPN I Larangan Pamekasan? (2) Apa saja
kendala yang di hadapi guru dalam pembelajaran kemampuan membaca intensif
siswa Kelas VIII SMPN I Larangan Pamekasan? (3) Bagaimana solusi yang di
lakukan guru dalam mengatasi kendala kemampuan membaca intensif di siswa
Kelas VIII SMPN I Larangan Pamekasan?
Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di sekolah SMPN I Larangan
Pamekasan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, guru
mata pelajaran, siswa pengumpulan data yang di lakukan yaitu dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Kemampuan membaca siswa SMPN 1
Larangan Pamekasan bisa dikatakan baik tetapi ada sebagian siswa yang
kemampuan membacanya masis kurang baik(2)Kendala yang dihadapi guru dalam
menerapkan membaca intensif; adanya siswa yang masih malas meskipun
disekolah sudah menyediakan fasilitas untuk menunjang program membaca namun
ada saja siswa yang masi memiliki sifat malas, dan sifat malas inilah yangmenjadi
kendala guru dalam pembelajaran kemampuanmembaca intensif siswa, yang kedua
penggunaan hp yang secara berlebihan, ditambah adanya game online yang
membuat anak-anak kecanduan untuk bermain, hal itu juga yang menjadi kendala
guru dalam menerapkan kemampuan membaca intensif siswa (3)solusi yang
dilakukan guru dalam mengatasi kendala kemampuan membaca intensif siswa kelas
VIII SMPN 1 Larangan Pamekasan yang pertama guru sebelum memasuki materi
pembelajaran 1-5 menit memberikan motivasi terhadap siswa akan pentingnya
membaca, yang kedua yaitu guru memberikan stimulus terhadap anak-anak yang
masih kurang dalam kemampuan membaca intensifnya agar bisa senang untuk
membaca dan juga guru bisa memberikan pelatihan seperti menulis, baik menulis
karangan fiksi atau nonfiksi sehingga dari hasil tulisannya itu nanti bisa dibaca dan
dipresentasikan. Simpulan penelitian ini adalah aktivitas siswa, aktivitas guru, dan
pemahaman siswa tentang isi bacaan dapat ditingkatkan dengan menggunakan
strategi membaca
Tidak tersedia versi lain