Text
Pengaruh Penggunaan Metode Story Telling terhadap Keterampilan Bercerita Fantasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Tlanakan
Merdeka Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin rendahnya daya minat siswa
untuk bercerita pada mata pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini membuktikan
bahwa perlunya menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif
untuk menunjang minat siswa terhadap keterampilan bercerita. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh penggunaan metode story
telling terhadap keterampilan bercerita fantasi pada kurikulum merdeka belajar
pada siswa kelas VII SMPN 1 Tlanakan.
Penelitian ini bertujuan pertama ada tidaknya pengaruh penggunaan
metode story teliing terhadap keterampilan bercerita fantasi kurilulum merdeka
belajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Tlanakan. Kedua seberapa besar pengaruh
penggunaan metode story teliing terhadap keterampilan bercerita fantasi
kurilulum merdeka belajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Tlanakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis preeksperimental dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Sumber data
diperoleh melalui tes dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII E SMPN 1 Tlanakan yang berjumlah 27 siswa. Sampel
yang digunakan adalah sampel jenuh karena sampel ini meneliti semua siswa
kelas VII E. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: statistik diskripif,
uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis menggunakan paired t test.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa. Pertama, ada pengaruh
penggunaan metode story telling terhadap keterampilan bercerita fantasi
kurilulum merdeka belajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Tlanakan. Hal tersebut
ditunjukan dengan menggunakan uji paired t test yang membuktikan bahwa
ditolak dan diterima dengan taraf signifikan < (nilai sign < 0,05) yaitu <
(0.000 < 0,05). Kedua seberapa besar pengaruh penggunaan metode story telling
terhadap keterampilan bercerita fantasi kurilulum merdeka belajar pada siswa
kelas VII SMPN 1 Tlanakan. Dalam hal ini membuktikan dengan rumus effect
size, diperoleh dengan nilai yaitu pada ketepatan isi 122%, Ketepatan pilihan
kata 75, 9%, ketepatan logika sebesar 84, 6%, Ekspresi dan Tingkah Laku 76,
4%, Volume Suara 68%, dan kelancaran 74,5 %.. Hasil teersebut terdapat besar
pengaruh yang paling tinggi yaitu pada ketepatan isi yaitu 122%.
Tidak tersedia versi lain