Text
Penggunaan Media Komunikasi Audio Visual Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Anak Tunagrahita) di SDLB PGRI Pademawu
Kata Kunci: Penggunaan Audio Visual, Pesan Dakwah, Anak Tunagrahita
Pendidikan merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan manusia
tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus yang sejatinya memerlukan perlakuan
khusus dari guru dalam pendidikannya. Pendidikan merupakan usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Disamping itu,
berbagai macam ilmu teknologi sudah mulai dikembangkan di berbagai sekolah.
Namun sangat disayangkan apabila pengetahuan teknologi tidak dibarengi dengan
keagamaan terutama yang bertaraf Islam. Dalam proses pembelajaran seorang
guru perlu memperhatikan bagaimana menciptakan lingkungan kelas yang
kondusif, menyenangkan, menggairahkan, dan menarik untuk belajar. Salah
satunya yaitu pembelajaran keagamaan berupa tatacara wudhu dan shalat serta
doa-doa harian dengan menggunakan komunikasi audio visual sebagai media
pembelajaran seperti yang terjadi di SDLB PGRI Pademawu, sehingga dapat
menghasilkan hasil belajar yang maksimal bagi para anak didiknya sesuai dengan
ajaran Islam.
Berangkat dari latar belakang itulah penulis berkeinginan untuk meneliti
dan membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul Penggunaan Media
Komunikasi Audio Visual Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Pada Anak
Tunagrahita di SDLB PGRI Pademawu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana penggunaan media komunikasi audio visual dalam
menyampaikan dakwah pada anak tunagrahita dan efektifitas penggunaan media
audio visual pada anak tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field
research), yaitu penelitian dengan terjun kelapangan untuk menggali dan
mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif yaitu pendekatan penelitian yang menggunakan landasan teori
sebagai panduan untuk memfokuskan penelitian dengan metode pengumpulan
data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis
data deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media komunikasi
audio visual dalam menyampaikan dakwah dan efektifitas penggunaan media
audio visual, sedangkan yang menjadi subjek penelitiannya adalah anak
tunagrahita di SDLB PGRI Pademawu.
Hasil penelitian ini ditemukan beberapa hal, yaitu: penggunaan media
komunikasi audio visual pada anak tunagrahita dalam penyampaian materi
dakwah di SDLB PGRI Pademawu dengan menggunakan media proyektor efektif
dalam pembelajaran karena siswa (anak tunagrahita) lebih tertarik menonton
animasi kartun yang berbentuk video. Metode pembelajaran yang digunakan
yaitu: metode ceramah, metode simulasi, metode Tanya jawab, metode latihan,
dan metode evaluasi
Tidak tersedia versi lain