Text
Strategi Komunikasi Rekrutmen Kader PMII (Studi Kasus Komisariat PMII IAIN Madura)
Kata Kunci : Strategi, Komunikasi, Rekrutmen, Kader, PMIi
Strategi merupakan suatu prosess penentuan atau rencana, dalam
merencanakan serangkaian tindakan termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan
sumber daya manusia yang mengintegrasikan tujuan utama. Pengurus dan kader
merupakan seseorang yang penting dalam menjalankan strategi rekrutmen serta
mengatur kebijakan-kebijakan dan urutan aksi kedalam keseluruhan organisasi.
Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia IAIN Madura dalam
melakukan rekrutmen juga memiliki strategi dalam melaksanakan proses rekrutmen
kader.
berdasarkan pemamaparan diatas, maka fokus penelitian ini adalah pertama.
Bagaimana strategi komunikasi dalam rekrutmen kader PMII Komisariat IAIN
Madura. Kedua, Bagaimana proses rekrutmen kader PMII IAIN Madura
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dalam penelitian
ini didapat dari hasil wawancara, observasi dan komentasi. Untuk itu informannya
yaitu, Pengurus komisariat dan ketua Rayon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Pertama, Strategi komunikasi rekrutmen menggunakan Strategi Face to face (Tatap
Muka) dan Media Publikasi. Dimana pengurus komisariat melakukan pendekatan
secara tatap muka dan media publikasi. Kedua, Proses rekrutmen kader yaitu dalam
melakukan proses rekrutmen pengurus membuat beberapa persyaratan. Sehingga
calon anggota memiliki kualitas sebagai kader Pergerakan Mahasiswa Islam
Indonesia
Tidak tersedia versi lain