Text
Persepsi Dosen dan Mahasiswa IAIN Madura Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Angkatan 2020 Pada Tahun Akademik (2020-2021) Tentang Perkuliahan Daring Berbasis Media Online di Masa Pandemi Covid-19,
Kata Kunci: Persepsi dosen dan mahasiswa fakultas ushuluddin dan dakwah
angkatan 2020 Pada Tahun Akademik (2020-2021) tentang
kuliah daring,
Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah melaksanakan perkuliahan
secara daring. Sedangkan mayoritas mahasiswa tidak paham terhadap materi yang
disampaikan dosen, karena ada beberapa materi yang harus disertai dengan
penjelasan praktik dari dosen. Komunikasi bisa dikatakan berhasil apabila pesan
yang ingin disampaikan bisa dipahami oleh komunikan. Berdasarkan hal tersebut,
permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini yaitu, pertama, bagaimana
persepsi dosen dan mahasiswa fakultas ushuluddin dan dakwah angkatan 2020
Pada Tahun Akademik (2020-2021) tentang kuliah daring. Kedua, apa saja
kelebihan dan kekurangan pelaksanaan perkuliahan daring berbasis media online
menurut dosen dan mahasiswa fakultas ushuluddin dan dakwah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, hal ini dilakukan dengan teknik
pengumpulan data berupa wawancara yang dilakukan kepada beberapa dosen dan
mahasiswa untuk mengetahui persepsi dan kelebihan maupun kekurangan dalam
pembelajaran daring penelitian secara langsung ke lapangan dan juga dilakukan
dengan cara menggunakan aplikasi via whatsapp.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi dosen dan mahasiswa fakultas
ushuluddin dan dakwah angkatan 2020 tentang kuliah daring, secara keseluruhan
memperoleh kategori kurang baik. Kelebihan dan kekurangan pelaksanaan
perkuliahan daring berbasis media online menurut dosen dan mahasiswa fakultas
ushuluddin dan dakwah angkatan 2020. Kelebihannya terdiri dari dapat mengikuti
perkuliahan daring dimanapun tempatnya, dan dapat mencegah terjadinya virus
Covid-19. Kekurangannya terdiri dari jaringan yang kurang mendukung,
kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi, dan terbatasnya kuota internet
yang dimiliki mahasiswa. Maka, diperoleh kesimpulan bahwa persepsi dosen dan
mahasiswa terhadap pembelajaran daring berbasis media online termasuk dalam
kategori kurang baik dengan beberapa kendala yang dihadapi mahasiswa dalam
proses belajar, adapun saran dari peneliti sebaiknya mahasiswa harus giat mencari
materi dari sumber lain tidak hanya menerima dari pendidik saja
Tidak tersedia versi lain