Text
Strategi Komunikasi Guru Dalam Menanakan Nilai-Nilai Agama di SD Darissalam Batuampar Guluk-guluk Sumenep
Kata kunci: strategi komunikasi, nilai-nilai agama
Strategi Komunikasi adalah paduan antara perencanaan komunikasi dengan
manajemen komunikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan, dalam mencapai
tujuan tersebut perlu adanya strategi komunikasi yang mampu menunjukkan
bagaimana operasionalnya secara praktis yang harus dilakukan, artinya
pendekatan bisa berbeda sewaktu-waktu bergantung pada situasi dan kondisi,
seperti itulah yang di gunakan oleh para guru SD darissalam ketika menyampaikan
tentang nilai-nilai agama, sehingga para murid dapat menanggapi apa yang
disampaikan oleh guru. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yag
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama Bagaimana strategi
komunikasi yang digunakan guru dalam menanamkan nilai-nilai agama di SD
Darissalam Batuampar Guluk-guluk Sumenep, kedua apa kendala dalam
menerapkan strategi komunikasi guru dalam menanamkan nilai-nilai agama di SD
Darsissalam batuampar guluk-guluk sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
teori yang digunakan ialah behavioral yang ditemukan oleh Jhon B. Watson dan
juga teori operant conditioning yang di temukan oleh Skinner. Sumber data
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah
kepala sekolah, dan para guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjanagan keikutsertaan, triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah: pertama strategi yang di gunakan behavioral
dengan model S-R (Stimulus-respon) yang dimana ketika para guru itu
mwnyampain tentang nilai-nilai agama (hafalan alquran juz 30 sot berjemaah duha
duhur) anak-anak disana merespon dan melakukan apa yang disampaikan oleh guru
bukan hanya meng iyakan akan tepai juga berupa tindakan kedua kendala waktu
yang sangat sedikit buat menghafal yaitu empat hari dalam seminggu dan juga
kedalanya kenakalan yang wajar bagi anak dan juga anak-anak yang lemah dalam
segi menghafal
Tidak tersedia versi lain