Text
Strategi Komunikasi Pemerintah Desa Guluk-Guluk dalam Menyampaikan Informasi Vaksinasi Covid 19 dan Respon Masyarakat,
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Vaksinasi, Masyarakat
Pandemi Covid 19 marak sekali di perbincangkan, karena telah menjadi
virus global di Indonesia. Ditengah keadaan semakin darurat akibat pandemi ini,
masyarakat harus lebih memperketat kembali untuk mematuhi protokol kesehatan,
seperti: menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan. Upaya
pencegahan dan penanganan Covid 19 terus di upayakan oleh pemerintah Desa,
termasuk juga vaksinasi. Untuk mengadakan program vaksinasi harus adanya
penyampaian informasi vaksinasi Covid 19. Maka hal ini perlu di analisis lebih
mendalam lagi.
Maka dari itu ada dua fokus dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana
strategi komunikasi pemerintah Desa Guluk-Guluk Sumenep dalam
menyampaikan informasi vaksinasi Covid 19 dan respon masyarakat setempat.
Kedua, Bagaimana respon masyarakat terhadap strategi komunikasi pemerintah
Desa Guluk-Guluk Sumenep dalam menyampaikan informasi vaksinasi Covid 19
dan masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan
kulaitatif dengan metode deskriptif, sumber data yang digunakan yaitu didapatkan
dari kepala desa, beserta apartur desa dan masyarakat setempat dari berbagai
dusun. Data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi komunikasi
dengan membujuk keluarga dan kerabat dekat, atau strategi door to door. Strategi
ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan edukasi terkait vaksin, membuju,
serta memberitahukan bahwa akan dilaksanakannya vaksinasi, strategi ini
merupakan strategi tatap muka, komunikasi yang digunakan adalah komunkasi
interpersonal, yaitu terjadinya komunikasi antara satu orang dengan orang lain.
Strategi selanjutnya adalah strategi komunikasi keliling, yang mana dalam strategi
ini bekerja sama dengan pihal kepolisian dan koramil desa Guluk-Guluk.
Penyampaian informasi tersebut menggunankan media bil lisan dengan
menggunakan pengeras suara. Adapun strategi ini dilakukan secara bertahap, dan
sudah dilakukan sebanyak 4 kali. Kedua, respon masyarakat terhadap strategi
komunikasi pemerintah Desa diantaranya adalah mendapat respon positif, dimana
masyarakat mendukung adanya hal tersebut. kemudian ada juga beberapa respon
yang negatif yang disampaikan oleh masyarakat, dimana mereka tidak setuju serta
tidak mendukung dari adanya strategi komunikasi yang sudah diupayakan oleh
pemerintah desa.
Tidak tersedia versi lain