Text
Pola Komunikasi Dakwah K.H.Azhari Mulyadi dalam membina Akhlak Santri Pondok Pesantren Attaufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep Daerah Almaziyah Periode:2022
Kata Kunci : Pola Komunikasi, Dakwah, Pondok Pesantren, Akhlak.
Pola komunikasi merupakan bentuk atau pola hubungan dari proses
penyampaian pesan dengan cara tepat, sehingga pesan yang disampaikan mudah
dipahami. Dalam berdakwah seorang da’i harus mengetahui bagaimana pola
komunikasi yang baik agar dapat mencapai tujuan dari dakwahnya. KH. Azhari
Mulyadi juga menggunakan beberapa pola komunikasi dalam berdakwah termasuk
dalam membina akhlak para santri di Pesantren Attaufiqiyah. Penelitian ini
bertujuan untuk menjelaskan pola komunikasi dakwah KH. Azhari Mulyadi serta
menjelaskan beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak
santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yakni
temuannya tidak diperoleh dari data kuantifikasi atau statistik. Dengan jenis
penelitian deskriptif, yaitu menjelaskan data secara terperinci. Sumber data yang
terdiri dari data primer dan data sekunder, serta melalui prosedur pengumpulan data
yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini, pola komunikasi dakwah
KH.Azhari Mulyadi dalam membina akhlak santri menggunakan pola komunikasi
kelompok, yang dilaksanakan di mushollah setelah subuh dan setelah magrib, tetapi
lebih sering setelah subuh dengan metode mau’idzah hasanah, KH. Azhari Mulyadi
sebagai da’i dan santrinya sebagai mad’u. Menggunakan pola komunikasi
interpersonal yang dilakukan kepada santri khusus yaitu santri yang suka melanggar
peraturan pesantren dengan metode al-hikmah. Faktor pendukung dari pola
komunikasi dakwah KH. Azhari Mulyadi adalah sikap santri, kepercayaan dan
dukungan masyarakat. Faktor penghambat dari pola komunikasi dakwah KH.
Azhari Mulyadi adalah waktu, santri mengantuk, tidak ada jadwal khusus,
pelaksanaan yang kurang kondusif, dan usia lanjut
Tidak tersedia versi lain