Text
Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Di Instagram Ayam Geprek Tok Patok Pamekasan (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure),
Kata Kunci : Desain Komunikasi Visual, Instagram, Media Promosi.
Desain komunikasi visual merupakan ide atau gagasan yang terdapat
pesan dari seorang desainer terhadap masyarakat, yang disampaikan melalui
simbol yang berwujud gambar warna dan tulisan. Desain komunikasi visual sering
digunakan untuk media promosi dalam mendukung pelaku usaha untuk
mempromosikan produknya. Salah satu usaha lokal yang menggunakan desain
komunikasi visual dalam mempromosikan produknya melalui Instagram adalah
ayam geprek Tok Patok Pamekasan. Salah satu jenis elemen desain komunikasi
visual yang mendukung kegiatan promosi yaitu tipografi, ilustrasi, dan warna.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis semiotika pada elemen desain
komunikasi visual pada postingan Instagram @tokpatok_pamekasan dan
mengetahui model promosi yang digunakan dalam mempromosikan produk ayam
geprek Tok Patok Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian pustaka yang merupakan pengumpulan
datanya dari buku-buku atau kepustakaan sehingga instrumen utama dalam proses
pengumpulan data adalah peneliti. Penelitian ini membahas makna dari postingan
Instagram Tok Patok Pamekasan menggunakan teori analisis semiotika perspektif
Ferdinand de Saussure dan mengidentifikasikan model promosi yang digunakan
dalam memasarkan produknya. Sumber data yang diperoleh melalui proses
wawancara, observasi, dan dokumentasi dari postingan Instagram Tok Patok
Pamekasan berdasarkan like terbanyak setiap bulan periode (Desember 2020-
April 2022)
Peneliti menemukan bahwa berbagai tanda desain komunikasi visual yang
ada di akun Instagram Tok Patok Pamekasan (@tokpatok_pamekasan) berupa
penggunakan tipografi atau jenis huruf Sans Serif dan Script yang memberikan
kesan ketegasan dalam penyampaian informasi dan memiliki kesan keakraban
antar sesama karyawan dan pelanggan. Penggunaan gambar berupa foto produk
dan ilustrasi kartun yang menciptakan daya tarik pembaca dan menjelaskan isi
pesan. Dengan penggunakan warna merah dan kuning sebagai identitas merek
yang memiliki arti bersemangat dan kecerian para karyawan dalam melayani
setiap konsumen. Model promosi yang digunakan oleh Tok Patok diantaranya:
Periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan dan melalui acara dan
pengalaman Tok Patok melakukan kerja sama dengan beberapa instansi atau
organisasi tertentu
Tidak tersedia versi lain