Text
Studi Pesan Dakwah dalam Pembinaan Akhlak Anak (Analisis Isi Naẓam Berbahasa Arab-Madura Kitab Tarbiyatuṣ Ṣibyān Karya KH. Habĭbullāh Ra’ĭs).
Kata Kunci: Pesan Dakwah Akhlak; KH. Habĭbullāh Ra’ĭs; Tarbiyatuṣ Ṣibyān
KH. Habĭbullāh Ra’ĭs, mampu membuat karya berupa kitab Tarbiyatuṣ
Ṣibyān berkat kemampuan menulisnya. Kitab ini merupakan literasi sebagai
media dakwah dalam pembinaan akhlak anak yang dikemas dalam bentuk Naẓam
berbahasa Arab-Madura. Oleh karena itu, penelitian ini ingin menjawab dua
persoalan pokok yang menjadi fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana isi naẓam
sebagai pesan dakwah dalam pembinaan akhlak anak pada naẓam berbahasa
Arab-Madura kitab Tarbiyatuṣ Ṣibyān karya KH. Habĭbullāh Ra’ĭs? (2)
Bagaimana relevansi pesan dakwah pada naẓam berbahasa Arab-Madura kitab
Tarbiyatuṣ Ṣibyān karya KH. Habĭbullāh Ra’ĭs dalam pembinaan akhlak anak di
era kemajuan teknologi komunikasi dan informasi?
Jenis penelitian ini termasuk penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif
yang bersifat dekskriptif. Tekhik analisis datanya meggunakan qualitative content
analysis dengan metode berfikir deduktif (umum-khusus) melalui tiga alur
kegiatan: (1) meringkas dan menginterpretasikan data; (2) Menemukan pola
hubungan dalam data; dan (3) menghubungkan data yang diteliti dengan
menggunakan analisis konten dengan data yang dianalisis dengan teknik lain.
Hasil penelitiannya menunjukkan: Pertama, isi naẓam sebagai pesan
dakwah dalam pembinaan akhlak anak pada naẓam berbahasa Arab-Madura kitab
Tarbiyatuṣ Ṣibyān karya KH. Habĭbullāh Ra’ĭs terangkum dalam dua bagian
penting, yaitu akhlak anak secara vertikal (hablun minallāh) dan horizontal
(hablun minannās). Kedua, pesan dakwah pada naẓam berbahasa Arab-Madura
kitab Tarbiyatuṣ Ṣibyān karya KH. Habĭbullāh Ra’ĭs memiliki relevansi dalam
pembinaan akhlak anak di era kemajuan teknologi komunikasi dan informasi.
Relevansi tersebut dapat dilihat dari aspek pentingnya fondasi akhlak dalam diri
seorang anak, baik hubungannya secara vertikal maupun horizontal, mengingat
dampak negatif dari kemajuan teknologi komunikasi dan informasi begitu besar.
Dengan penguatan pembinaan akhlak anak, diharapkan anak memiliki karakter
yang kuat dan kualitas akhlak yang baik, sehingga mampu mempengaruhi dirinya
saat memilih atau memilah mana yang pantas dan tidak pantas, mana yang baik
ataupun yang buruk buat dirinya dan orang lain sesuai dengan tunutunan ajaran
agama yang pada gilirannya anak akan berguna bagi agama, bangsa, negara, dan
masyarakat di sekitarnya.
Tidak tersedia versi lain