Text
Strategi Relationship Marketing pada Produk Simpanan Pendidikan dalam meningkatkan hubungan dan Loyalitas nasabah di KSPPS Nuri Jatim Cabang Palengaan
Kata Kunci: Strategi Relationship Marketing pada Produk Simpanan Pendidikan dalam
meningkatkan hubungan dan Loyalitas nasabah.
Konsep pemasaran menjelaskan bahwasanya kunci dalam meraih tujuan perusahaan
adalah menentukan keinginan dan kebutuhan pasar serta mempunyai sasaran untuk
memberikan kepuasan dan mengetahui keinginan konsumen melebihi dari pesaing-pesaingnya.
Untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, maka perusahaan dapat menggunakan
strategi hubungan pemasaran (Relationship Marketing) yang merupakan suatu strategi
pendekatan yang akan membantu perusahaan untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan
dan mempertahankannya.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah.
Pertama: Bagaimana Strategi Relationship Marketing pada Produk Simpanan Pendidikan di
KSPPS Nuri Jatim Cabang Palengaan. Kedua: Bagaimana Strategi Relationship Marketing
pada Produk Simpanan Pendidikan dalam meningkatkan hubungan dan Loyalitas nasabah di
KSPPS Nuri Jatim Cabang Palengaan. Dan tujuannya adalah. Pertama: untuk mengetahui
bagaimana Strategi Relationship Marketing pada Produk Simpanan Pendidikan di KSPPS Nuri
Jatim Cabang Palengaan. Kedua: untuk mengetahui bagaimana Strategi Relationship
Marketing pada Produk Simpanan Pendidikan dalam meningkatkan hubungan dan Loyalitas
nasabah di KSPPS Nuri Jatim Cabang Palengaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara terstruktur, obsevasi, dan dokumentasi.
Adapun informan dalam penelitian ini yaitu pegawai bagian Marketing dan Nasabah pada
Produk Simpanan Pendidikan di KSPPS Nuri Jatim Cabang Palengaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa. Pertama: Strategi Relationship Marketing pada
Produk Simpanan Pendidikan dan di KSPPS Nuri Jatim Cabang Palengaan. yaitu dengan
menggunakan pendekatan kepercayaan, komitmen, dan komunikasi. Kedua: Strategi
Relationship Marketing pada Produk Simpanan Pendidikan dalam meningkatkan hubungan
dan Loyalitas nasabah di KSPPS Nuri Jatim Cabang Palengaan. untuk meningkatkan hubungan
dan loyalitas nasabah maka perusahaan memberikan suatu kemudahan bagi nasabah dengan
kesediaan karyawan untuk menjemput setoran dan penarikan tunai ke tempat nasabah. Serta
memberikan hadiah di akhir simpanan Pendidikan bagi nasabah yang mematuhi peraturan yang
sudah disepakati di awa
Tidak tersedia versi lain