Text
“Analisa Segmenting, Targeting, dan Positioning Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Pada Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran”
Kata kunci: Analisa Segmenting, Targeting, dan Positioning, Minat Nasabah
Pada Tabungan Barokah
Keberhasilan suatu lembaga keuangan syariah dalam mempertahankan
kontinuitas atau kelangsungan hidupnya bisa dicapai bila lembaga keuangan
syariah tersebut memiliki pandangan keluar dan selalu memonitor keadaan
lingkungan yang berubah-ubah serta menyesuaikan usaha pemasarannya
berdasarkan peluang yang dimiliki. Pemasaran memiliki peranan pokok dalam
peta bisnis suatu perusahaan dan berkontribusi terhadap strategi produk agar
produk yang mau dipasarkan diminati oleh nasabah. Salah satu cara agar produk
bisa diminati oleh nasabah dengan melakukan analisa segmenting, targeting, dan
positioning terhadap produk yang mau dipasarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Analisa Segmenting,
Targeting, dan Positioning Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Pada
Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran” dua persoalan
pokok, sehingga menghasilkan fokus penelitian. Pertama bangaimana Analisa
Segmenting, Targeting, dan Positioning Dalam Upaya Meningkatkan Minat
Nasabah Pada Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran
yang ke dua bagaiman peluang dan hambatan Analisa Segmenting, Targeting, dan
Positioning Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Pada Tabungan Barokah
di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. .Pertama bagaimana Analisa
Segmenting, Targeting, dan Positioning Dalam Upaya Meningkatkan Minat
Nasabah Pada Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran.
yaitu Segmentasi disini di fokuskan pada para nelayan dan orang-orang di pasar
bandaran berdasarkan geografis, Demografi, dan Psikografi sedangkan Penetapan
target pasar lebih fokus kepada mereka yang berprofesi sebagai nelayan. ke dua
Bagaimana Peluang dan Hambatan Analisa Segmenting, Targeting, dan
Positioning Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Pada Tabungan Barokah
di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Bandaran
Peluang dan hambatan dari segmentasi berdasarkan georagrafinya
gampang memberikan informasi Sedangkan hambatannya adalah jalur aksesnya
terlalu sempit, Berdasarkan demografi dapat bersosialisasi secara umum
sedangkan hambatannya adalah kadang kalah dengan arisan. Berdasarkan
Psikografi peluangnya untuk promosi besar, hambatannya adanya arisan,
midreng, dan juga dari. Peluang targeting adalah targetnya semua golongan,
sedangkan hambatannya ada lembaga lain disekitarnya
Tidak tersedia versi lain