Text
Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan ATM Cardless Di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan
Kata Kunci: Kepercayaan, Persepsi Kemudahan, Minat Menggunakan
Kepercayaan merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup sebuah
perusahaan. Dimana kepercayaan nasabah merupakan variabel yang sangat penting dan utama
untuk menjaga dan mempertahankan hubungan antara bank dan nasabahnya dalam jangka waktu
Panjang. Tingkat kepercayaan nasabah menunjukkan bahwa Bank telah berhasil mempengaruhi
pola pikir nasabah untuk menggunakan produk dari bank.
Sedangkan Persepsi merupakan anggapan individual terhadap suatu objek yang mungkin
saja tidak sesuai dengan realita yang ada. Hubungannya terhadap minat menggunakan individual
terhadap suatu teknologi di dorong oleh persepsi yang ada, baik persepsi yang timbul dari diri
sendiri maupun dari informasi yang diterimanya. Pada BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya
Pamekasan jumlah nasabah yang menggunakan ATM Cardless sebanyak 14787 nasabah. Hal ini
menunjjukan bahwa tingkat kepercayaan bisa dikatakan berpengaruh. Oleh Karena itu peneliti
ingin mengetahui apakah kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan mempengaruhi nasabah
untuk menggunakan ATM Cardless.
Tujuan dari penelitian ini tidak lain ialah untuk mengatahui apakah persepsi kemudahan
dan kepercayaan berpengaruh secara segnifikasi terhadap minat nasabah menggunakan ATM
Cardless di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan. Untuk mengetahui pengaruh
kepercayaan dan persepsi kemudahan terhadap minat nasabah menggunakan ATM Cardless di
BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif, dengan menggunakan teknik
analisis linier berganda menggunakan bantuan aplikasi analisis SPSS. Penggunaan data dalam
penenlitian ini menggunakan data primer. Populasi yang digunakan menggunakan nasabah yang
sudah menggunakan ATM Cardless. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan porpusive sampling. Untuk menentukan banyaknya sampel menggunakan rumus
slovin, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 nasabah. Dalam pengumpulkan data
menggunakan instrument (angket) yang disebarkan kepada nasabah.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepercayaan (X1) mempunyai pengaruh
positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan dengan memperoleh nilai Thitung
sebesar 2.531 > Ttabel 1.661, dan taraf siginifikansi sebesar 0,024 < 0,05. Variabel persepsi
kemudahan (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap minat nasabah menggunakan dengan
memperoleh nilai Thitung sebesar 3.585 > Ttabel 1.661, dan taraf signifikansinya 0,001 < 0,05. Semua
variabel yang terdiri dari Kepercayaan (X1) dan persepsi kemudahan (X2) secara simultan
berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan (Y) dengan nilai Thitung > nilai Ftabel(27. 910 >
3.09) dan nilai signifikannya 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain