Text
Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Bertransaksi Anggota Produk Tabah Di BMT NU Cabang Proppo Pamekasan
Kata Kunci : Customer Relationship Marketing, Keputusan Bertransaksi
Customer relationship marketing merupakan sebagai strategi yang terpadu pada proses
mendapatkan, mempertahankan dan berteman dengan pelanggan selektif untuk menciptakan nilai
yang superior bagi perusahaan dan pelanggan. Keputusan pembelian adalah sebuah proses
pendekatan penyelesaian masalah yang terdiri dari pengenalan masalah, mencari informasi,
beberapa penilaian alternatif, membuat keputusan membeli dan perilaku setelah membeli yang di
lalui konsumen.Oleh sebab itu dibutuhkan peran dari pihak perusahaan atau lembaga keuangan
untuk memberikan pengetahuan kepada nasabah maupun calon nasabahnya melalui pendekatan
customer relationship marketing
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif, dengan menggunakan Teknik
analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Penggunaan data dalam
penelitian ini menggunakan data primer. Populasi yang digunakan adalah anggota yang telah
menggunakan produk tabah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
rumus slovin, jumlah yang digunakan sebanyak 326 anggota. Dalam pengumpulan data
menggunakan instrument kuesioner (angket)yang disebarkan ke anggota.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan variabek continuity marketing X1
diperoleh thitung 2,019 dengan taraf siginfikan 0,044 hasil uji tersebut menunjukkan bahwa
thitung (2.019) > ttabel (1,9673) dan nilai signifikan (0,044) < (0,05). Variabel one to one
marketing X2 diperoleh thitung 9.787 dengan taraf signifikansi 0,00. Hasil uji tersebut
menunjukkan bahwa thitung (9,787) > ttabel (1,9673) dan nilai signifikansi (0,00) < (0,05).
Variabel partnering program X3 diperoleh thitung sebesar 2,041 dengan taraf signifikansi 0,041.
Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa thitung (2,041) > (1,9678) dan nilai signifikansi (0,041)
< (0,05). Secara simultan mengahsilkan hipotesis diperoleh nilai fhitung = 34,369 dengan
tingkat nilai signifikansi 0,00. Maka diperoleh nilai sebesar 2.63. berdasarkan hasil tersebut
dinyatakan bahwa subvariabel independent berpengaruh Bersama-sama terhadap variabel
dependent, yang artinya variabel continuity marketing X1, one to one marketing X2, partnering
program X3berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan bertransaksi anggota
Y
Tidak tersedia versi lain